Pacu Sampan Ketinting, Cara Warga Patam Lestari Rayakan Sumpah Pemuda

Pacu Sampan Ketinting, Cara Warga Patam Lestari Rayakan Sumpah Pemuda

Lomba Sampan Ketinting di Patam Lestari, Sekupang memperingati Hari Sumpah Pemuda, Minggu (28/10/2018). (Foto: Yogi/Batamnews)

Batam - Warga Kelurahan Patam Lestari, Sekupang, Batam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 ini dengan mengadakan lomba Pacu Sampan Ketinting, Minggu (28/10/2018).

Acara diselenggarakan hasil kerjasama warga setempat dan PT Danov Putra Riau. Sebanyak 36 sampan mengikuti lomba tersebut, tidak hanya orang Patam Lestari namun juga ada beberapa nelayan lainnya. 

Salah seorang perwakilan perusahaan Badri mengatakan, lomba sudah dilaksanakan sejak Sabtu (27/10/2018) untuk babak penyisihan. "Hari ini hari puncak, dimulai dengan semi final hingga final," katanya. 

Badri menjelaskan, lomba sampan ketinting ini adalah lomba mengemudikan sampan bermesin tempel, tanpa kemudi yang digunakan nelayan setiap hari. "Jadi butuh keterampilan joki untuk mengarahkan sampannnya," kata Badri.

 

 

Bandri mengatakan, lomba ini dipilih selain dekat dengan kehidupan warga Patam Lestari, juga salah satu daya tarik wisatawan. "

Kita berencana akan mengadakan lomba ketinting dengan skala lebih besar lagi," katanya. 

Ketua RW 01 Patam Lestari, Taufiq Aman berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin. Karena secara tak langsung menjadi ajang silaturahmi nelayan, tak cuma di Patam Lestari tapi juga daerah lain di Batam.

"Selain itu bisa mengundang wisatawan ke Patam Lestari. Mohon betul Pak Wali, lomba ketinting ini bisa dijadikan agenda rutin Pemko Batam," ujarnya. 

Taufiq juga memaparkan beberapa permasalahan yang ada di Patam Lestari yaitu jalan yang sudah berlubang, iuran ahli waris di Tempat Pemakaman Umum Sei Temiang yang memberatkan dan lainnya.

"Tetapi kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Walikota dan Wakil Walikota karena telah membagun jembatan. Sangat membantu aktivitas warga Patam Lestari. Dulu kami nak ke kantor lurah harus mutar dulu lewat kelurahan lain sampai 20 menit. Sekarang 5 menit sampai," kata Taufiq.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad menyambut baik kegiatan tersebut dan berencana menjadikan agenda wisata rutin Kota Batam.

"Beberapa kecamatan ada mengadakan seperti Tanjungriau,  Belakangpadang, Mongkol, Bulang dan lainnya. Jadi ini kalau digabung dan dikemas dengan baik maka akan jadi destinasi baru," ujarnya.

Amsakar akan membawa kegiatan ini ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sehingga bisa masuk di kalender pariwisata Kota Batam. 

Selain Lomba Sampan Ketinting, juga ada pembagian bantuan sembako bagi warga RW 01 Patam Lestari, Batam dan kupon doorprize untuk warga dengan hadiah utama satu unit sepeda motor.

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews