https://www.batamnews.co.id

Piala Asia U-19

Bertanding dengan 10 Pemain, Indonesia Bungkam UEA

Para pemain Timnas U-19 merayakan gol ke gawang UEA

Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menang 1-0 atas Uni Emirat Arab U-19 di pertandingan ketiga Grup A Piala Asia U-19 2018, Rabu (24/10/2018) malam WIB di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pertandingan berlangsung dengan tempo cukup cepat dan menegangkan. Sebab hasil akhirnya bisa menentukan siapa yang berhak lolos ke babak perempat final. Garuda Jaya bermain apik di pertandingan ini dan meski sempat main dengan 10 pemain saja, mereka

mampu mempertahankan keunggulan dengan solid.Sejumlah peluang sempat didapat kedua tim, terutama dari pihak Garuda Jaya. Namun hanya satu saja yang bisa dimaksimalkan oleh Witan Sulaeman.

 

Babak Pertama

Indonesia berusaha menggeber serangannya sejak detik pertama. Namun di sisi lain UEA terlihat bermain dengan tenang. Mereka berusaha menetralisir permainan Merah Putih dengan menurunkan tempo permainan.

Alhasil, situasi ini membuat permainan Merah Putih tak berkembang maksimal. UEA pun bisa bermain sesuai dengan keinginan mereka dan sempat membangun beberapa serangan ke lini pertahanan Indonesia.

Indonesia akhirnya berusaha mencari peluang dengan memanfaatkan serangan balik. Hal itu akhirnya membuahkan peluang berbahaya pada menit 12. Sayang bola sundulan Hanis memanfaatkan umpan dari sisi kiri melambung.

Pada menit 16, peluang kembali datang melalui serangan balik. Kreatornya adalah Saddil. Sayang umpan silangnya ke dalam kotak penalti gagal diraih oleh Egy.

Pada menit 23, Indonesia akhirnya bisa mencetak gol. Pressing ketat Merah Putih membuat bek lawan melakukan kesalahan dalam mengontrol bola di area tengah lapangan. Si kulit bundar langsung disambar oleh Witan. Setelah melakukan drive sampai kotak penalti, dengan kaki kanannya ia sukses menjebol gawang UEA.

Pada menit 31, muncul peluang melalui free kick berbahaya UEA. Namun untung bola dengan sigap diamankan oleh Riyandi. Pada menit 36, serangan cepat Indonesia kembali membuahkan hasil. Sayang tendangan keras Witan dengan kaki kirinya membuat bola malah melambung tinggi.

Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Indonesia.

 

Babak Kedua

Di babak kedua, Indonesia kembali berinisiatif untuk menggeber serangan lebih dahulu. Namun UEA juga tak mau tinggal diam. Mereka juga menggeber serangan pada pertahanan timnas.

Pada menit 48, UEA mendapat kesempatan melalukan tendangan pojok. Bola bisa disundul oleh Rashid di tiang jauh, namun untung lajunya lemah dan bisa diamankan Riyandi dengan mudah.

Sayangnya petaka menghampiri Indonesia pada menit 50. Nurhidayat melakukan pelanggaran pada satu pemain lawan di depan kotak penalti. Hal ini membuatnya dikartu kuning. Sayangnya itu adalah kartu kuning keduanya dan ia pun terpaksa dikartu merah.

Situasi ini membuat Indonesia berada dalam keadaan tertekan. UEA akhirnya bisa leluasa memberikan tekanan demi tekanan ke area kotak penalti Garuda Jaya.

Indonesia pun hanya bisa membalas melalui serangan balik dengan mengandalkan Witan dan Rivaldo. Situasi pun menjadi makin tegang.

Beberapa peluang tercipta melalui serangan balik, namun tak ada yang benar-benar berbahaya. Situasi jadi makin menegangkan setelah wasit memberikan tambahan waktu tujuh menit.

Di waktu tambahan ini, justru indonesia yang bisa menciptakan sejumlah peluang. Bahkan ada satu peluang emas pada menit 90+6. Serangan dari sayap kanan yang digalan oleh Rivaldo berakhir dengan tembakan keras Abimanyu ke arah gawang. Namun bola masih bisa ditepis kiper UEA.

Pada akhirnya, pertandingan berakhir juga. Indonesia berhasil mempertahankan keunggulannya, meski main dengan 10 orang saja.

Hasil ini juga memastikan Indonesia lolos ke babak perempat final. Mereka berhak lolos bersama Qatar dari Grup A.

Susunan Pemain

Indonesia: Riyandi; Asnawi, Nurhidayat, Irianto, Firza; Witan, Luthfi, Abimanyu; Saddil, Hanis, Egy.

UEA: Suhail; Ali, Jamil, Omat, Saleh; Alharbi, Eid Khamis, Rashid, Ali Saleh; Fawzi, Alnaqbi.

(*)