Gara-gara Korsleting Aki, Dua Kapal Terbakar di Karimun

Gara-gara Korsleting Aki, Dua Kapal Terbakar di Karimun

Ilustrasi. (Foto: Warta Kota)

Karimun - Dua kapal dilalap si jago merah saat berlabuh di pelantar pelabuhan Pak Ali, Kelurahan Sei Lakam, pada Rabu (17/10/2018) dini hari. Penyebab kebakaran diakibatkan korsleting aki di kapal milik Junaidi, nelayan setempat.

Dari percikan kemudian berubah menjadi kobaran api yang terus membesar. Akibatnya api yang berasal dari kapal milik Junaidi menjalar ke kapal milik Marwan. Sejurus kemudian, kedua kapal itu hangus.

Kapolsek Balai Karimun AKP Yanuar Rizal mengatakan, terbakarnya dua unit kapal kayu itu diketahui sekira pukul 01.30 WIB. Kapal tersebut biasanya digunakan pergi melaut untuk mencari ikan.

"Itu milik nelayan, namun berlabuh di sana. Awalnya kebakaran terjadi pada salah satu kapal, namun karena lama diketahui merambat ke kapal kayu disebelahnya," ujar Rizal, Rabu (17/10/2018) sore.

Kebakaran itu berhasil dipadamkan setengah jam kemudian. Dari kejadian itu, tidak ada korban jiwa dan hanya menimbulkan kerugian materi mencapai puluhan juta.

"Kapal paling parah milik Junaidi, kerugian yang ditaksir mencapai Rp 40 juta. Sedangkan Marwan mengalami kerugian Rp 20 juta," ujar Rizal.

Rizal meminta kepada nelayan lebih berhati- hati ketika meninggalkan kapal dan meminimalisir kemungkinan terjadinya kebakaran dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Hal tersebut juga harus diperhatikan masyarakat agar tidak terjadi hal seperti ini."Namanya kejadian tentu tidak bisa ditebak kapan terjadi. Namun bisa kita minimalisir," katanya.

(aha)