Koleksi Belum Terkumpul, Pemko Batam Berhasrat Miliki Museum

Koleksi Belum Terkumpul, Pemko Batam Berhasrat Miliki Museum

Ardiwinata, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

Batam - Museum di Batam sedang dalam tahap pengerjaan. Saat ini pemerintah kota sedang menyiapkan materi untuk mengisi museum tersebut. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ardiwinta mengatakan bahwa pihaknya museum itu nantinya akan diisi dengan peninggalan-peninggalan sejarah kebudayaan Melayu di Batam. Pencangan museum ini sudah dimulai dari tahun 2016 lalu.

Pihaknya saat ini tengah menelusuri dan mencari peninggalan bersejarah yang nantinya akan dijadikan koleksi museum. Sementara, untuk bangunan museum ini akan menggunakan bekas gedung MTQ nasional yang berada di Dataran Engku Putri.

“Masih tahapan membuat galeri, terutama koleksi museumnya,” ujar Ardi, Sabtu (13/10/2018). 

Ia mengakui membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan koleksi-koleksi tersebut, apalagi menyangkut sejarah perkembangan kota Batam. 

“Memang lama, karena mengumpulkan peninggalan sejarah perkembangan Batam bukan hal yang gampang,” katanya.

Saat ini memang Batam memiliki museum mini yang berada di Pulau Bulang. Namun museum tersebut bukan milik pemerintah, tetapi milik pribadi.

“Museum di sana juga belum saya cek, kita belum lihat koleksi-koleksinya,” ujarnya. 

Pengadaan museum ini diharapkan menjadi wahana edukasi baik masyarakat Kota Batam, maupun wisatawan lokal dan mancanegara. 

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews