Akhir Oktober, Market Sounding Lelang Pengelolaan Air di Batam Dimulai

Akhir Oktober, Market Sounding Lelang Pengelolaan Air di Batam Dimulai

Deputi IV BP Batam Bidang Sarana dan Prasarana Lainnya, Eko Budi Supriyanto.

Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam sedang mempersiapkan proses tender untuk pengelolaan air di Dam Tembesi. Tahap awal, akan mulai dibuka market sounding. 

Deputi IV BP Batam Bidang Sarana dan Prasarana Lainnya, Eko Budi Supriyanto mengatakan bahwa market sounding diperkirakan akan dibuka pada akhir Oktober ini. 

“Nanti setelah market sounding kami buka, kemudian kami berikan persyaratan-persyaratan untuk ikut tender, kemungkinan pertengahan bulan November sudah mulai dibuka,” ujar Eko di Kantor BP Batam, Selasa (9/10/2018). 

Sampai saat ini sudah ada 24 perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri sudah menyatakan tertarik untuk mengelola air di Batam. Beberapa negara yang tertarik berasal dari Jepang, China dan Filipina. 

“Saya juga heran, mengapa banya sekali yang ikut, tapi itulah, air itu sekarang jadi primadona,” katanya. 

Kemudian dari dalam negeri, ada Moya Grup, Salim Grup dan juga ATB akan ikut proses tender nantinya. Untuk perusahaan luar negeri, Eko menyampaikan harus menggandeng perusahaan dalam negeri. 

“Rata-rata yang ikut dari liar negeri itu merupakan BUMN kalau di negara asalnya,” ujarnya. 

Dari perususahaan asing yang tertarik pengelolaan air di Batam, tidak semua yang menangani pengelolaan air. Sebagian juga merupakan perusahaan konstruksi. 

“Seperti China Railway Enginering yang merupakan perusahaan konstruksi, ada China State Engineering,” sebutnya. 

Sehingga dalam proses tender nanti, pihaknya akan menggandeng para konsultan, termasuk juga dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Sumber Daya Air. 

“Kami ingin yang terpilih nanti betul-betul berkualitas, harus lebih baik dari sekarang ini, walaupun ATB sudah baik,” jelasnya.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews