Ini Kata Dinas PU Bintan Soal Banjir di Jalan Taman Sari Tanjunguban

Ini Kata Dinas PU Bintan Soal Banjir di Jalan Taman Sari Tanjunguban

Banjir di Jalan Taman Sari, Tanjunguban. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bintan telah melakukan pengecekkan terhadap Jalan Taman Sari Kelurahan Tanjunguban Selatan yang kerap terendam akibat luapan air hujan.

Kepala Dinas PUPR Bintan, Juni Rianto mengaku jika jalanan yang sering terendam itu disebabkan pembuangan air di ujung drainase (outlet) terus mengecil. Sehingga ketika hujan lebat melanda curahan air yang mengalir dari drainase kecil tak mampu ditampung di outlet.

"Air hujan dan air pembuangan dari rumah-rumah tak mampu ditampung outlet. Jadi air itupun meluap sehingga merendam seluruh bahu jalanan," ujar Juni, Selasa (9/10/2018).

Pengecilan outlet ini, kata Juni, disebabkan maraknya pembangunan yang dilaksanakan pihak pengembang properti di sekitar drainase.

Agar debit air hujan dan air pembuangan dari rumah warga mampu tertampung di drainase dan outlet. Maka harus dilakukan revitalisasi drainase dan outlet tersebut.

"Jalanan yang kerap banjir ini berstatus jalan nasional. Jadi kewenangannya berada di Pemprov Kepri," jelasnya.

Dinas PUPR Bintan telah mengusulkan revitalisasi drainase dan outlet tersebut ke Dinas PUPR Kepri sejak 2015 lalu. Dengan harapan pengerjaannya bisa dipioritaskan melalui APBD Pemprov Kepri namun tidak kunjung terealisasi sampai tahun ini.

"Infonya perbaikan drainase itu masuk dalam usulan penanganan banjir di tahun anggaran 2019. Volume penanganannya sepanjang 400 meter," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews