Gunung Soputan Masih Erupsi Hingga Kamis Pagi

Gunung Soputan Masih Erupsi Hingga Kamis Pagi

Jakarta - Gunung Soputan yang berlokasi di Sulawesi Utara masih terus menyemburkan asap dan meluncurkan awan panas sampai Kamis (4/10) pagi. 

"Sejak dinihari sampai pagi masih terjadi letusan," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan Asep Saifullah di Silian seperti dikutip dari Antara, Kamis (4/10). 

1. Awan panas meluncur ke arah timur laut

Asep mengatakan awan panas terlihat meluncur ke arah timur laut dari puncak gunung pada pukul 04.09 WITA. Pada saat bersamaan juga terjadi letusan stromboli setinggi 100-200 meter. 

"Kepulan asap putih kelabu juga terlihat dari puncak gunung, dengan estimasi ketinggan 1.000-2.000 meter," katanya. 

2. Tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter

Asep melanjutkan, pada pukul 06.36 WITA terjadi letusan dengan kolom abu setinggi 1.500 meter dari puncak gunung. Kolom abu ini mengarah ke Minahasa Selatan. 

"Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan condong ke barat dan barat laut," kata Asep. 

3. Warga dan pendaki diminta menjauh dari puncak gunung

Sampai Kamis pagi ini, Asep melanjutkan, masih terdengar suara gemuruh dari puncak gunung. Suara ini terdengar dari pos pemantau yang berjarak sekitar 10 kilometer dari puncak gunung. 

Karena itu warga dan pendaki diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun di dalam radius empat kilometer dari puncak gunung.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews