UEFA Tetapkan Jerman Tuan Rumah Euro 2024

UEFA Tetapkan Jerman Tuan Rumah Euro 2024

Jerman terpilih tuan rumah Euro 2014. (Foto: UEFA)

Nyon - Otoritas sepak bola Eropa (UEFA) akhirnya menetapkan Jerman sebagai tuan rumah gelaran Euro 2024. Terpilihnya Negeri Bavaria itu menyingkirkan Turki yang berhasrat menjadi tuan rumah.

Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memilih Jerman karena dianggap sebagai pilihan aman daripada Turki.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi harapan kami,” kata Reinhard Grindel, presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB), setelah pengumuman pemenang di markas UEFA di Swiss, seperti dikutip kantor berita AFP.

Kondisi politik, kesatuan nasional, dan penghormatan pada hak-hak asasi manusia di Turki, menjadi tema-tema utama yang diusung dalam kampanye untuk menjadi tuan rumah gelaran bergensi sepak bola Eropa.

Namun, akhirnya Jerman tetap unggul.

Dalam pemungutan suara kemarin, Jerman, yang sudah jadi favorit, menang telak. Jerman mengantongi 12 suara anggota komite eksekutif UEFA, empat suara untuk Turki, dan satu abstain.

UEFA menganggap Jerman lebih siap karena sudah memiliki kelengkapan untuk menjamin kesuksesan turnamen tersebut, mulai dari stadion, hingga infrastruktur, dan hotel.

Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2006, tapi belum pernah menjadi tuan rumah Piala Eropa sebagai satu negara kesatuan. Jerman Barat menggelar turnamen ini pada 1988, sebelum Tembok Berlin diruntuhkan. 

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews