Dinkes Batam Ajak Semua Pihak Sukseskan Imunisasi MR

Dinkes Batam Ajak Semua Pihak Sukseskan Imunisasi MR

Ilustrasi. (Foto: beritagar.id)

Batam - Penyelenggaraan imunisasi MR di Kota Batam masih 40 persen. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam mengajak semua pihak terus menyukseskan imunisasi MR, Rabu (26/9/2018).

"Semua pihak harus terus berupaya, jangan Dinkes bergerak sendiri saja," katanya Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmardjadi. 

Didi melanjutkan, data terakhir pencapaian Batam masih 40 persen lebih, sedangkan target 95 persen. 

"Ini masih terkait fatwa MUI Kepri tentang halal haram, padahal sudah diubah," katanya.

Didi mengatakan, saat ini presentase setiap daerah lebih tinggi di daerah pedesaan daripada kota. "Kalau Pulau Galang, Bulang dan lainnya itu sudah sampai sekitar 80 persen," katanya.

Selain itu, Dinkes hanya bisa melakukan sosialisasi terus menerus. Sampai saat ini warga yang hendak imunisasi MR bisa langsung ke puskesmas, klinik, posyandu, dan rumah sakit swasta terdekat. 

"Kita terus halo-halokan (mengimbau) agar warga imunisasi MR karena ini sangat penting," ujarnya.

Kepala Puskesmas Galang Yanty Surya Ningsih mengatakan, imunisasi MR di Pulau Galang sudah mencapai 63 persen. "Kita nomor 5 oencapaian terbaik seluruh daerah di Kota Batam," katanya.

Ia melanjutkan, proses pemberian imunisasi MR dilakukan dengan sistem jemput bola, petugas puskesmas mendatangi rumah warga yang belum diberi imunisasi. "Jadi kita ada daftar nama yang belum dapat vaksin ini, setelah itu kita langsung datangi ke rumah warga," kata Yanty.

Yanty mengatakan, untuk mencapai target masih jauh yaitu 95 persen. "Mau tidak mau harus kita laksanakan semaksimal mungkin," katanya.

Ia melanjutkan tidak ada penolakan yang berarti namun hanya personal orang tua yang masih memeprtanyakan kehalalan vaksin. "Kendalanya sekarang tinggal sosialisasi," ujarnya. 

Begitu juga Lurah Pelita Muhammad Farhan, semua upaya telah dilakukan. Ia juga mengatakan, menambah posyandu baru ketika imunisasi MR ini berlangsung. 

"Kita lakukan seluruh upaya, beberapa waktu lalu kita dirikan posyandu baru khusus MR," katanya.

Selain itu kata Farhan, sosialisasi terus dilakukan seperti mengumpulkan warga untum.memberikan pemahaman pentingnya imunisasi MR. "Sekarang posyandu kita jadi empat, jadi warga lebih mudah," katanya.

(Yogi Eka Sahputra)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews