Lama Menanti, Akhirnya Rastra Disalurkan ke 5 Kecamatan di Lingga

Lama Menanti, Akhirnya Rastra Disalurkan ke 5 Kecamatan di Lingga

Beras Bulog yang akan dikirimkan ke sejumlah penerima di empat kecamatan di Kabupaten Lingga (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Setelah lama menanti, masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM) di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga, yakni Kecamatan Lingga, Lingga Utara, Lingga Timur, Selayar dan Senayang akan segera menerima beras program beras sejahtera (rastra) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Sebelumnya, rastra di empat kecamatan tersebut baru disalurkan dari bulan Januari-Maret. Kemudian untuk April-September ini belum tersalurkan karena terkendala pada proses transportasi untuk pendistribusian.

"Kemarin berasnya sudah dibawa dari gudang bulog di Dabo untuk diantarkan ke empat kecamatan ini. Setelah itu baru dari kecamatan mendistribusikan ke desa-desa untuk dibagikan ke penerima," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Lingga, Normadiah kepada Batamnews.co.id, Selasa (25/9/2018).

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Sosial di Dinsos-P3A Lingga, Asbullah mengatakan, adapun jumlah beras yang didistribusikan dari Gudang Bulog Dabo Singkep untuk lima kecamatan tersebut sebanyak 254,64 ton.

"Itu semua untuk didistribusikan kepada masyarakat dari bulan April-September, memang harus disalurkan biar selesai semua," kata Asbullah.

Sementara untuk wilayah Pulau Singkep, seperti Kecamatan Singkep, Singkep Barat, Singkep Pesisir, Singkep Selatan serta Kepulauan Posek yang memiliki jarak tempuh dekat dengan Gudang Bulog Dabo, pendistribusian sudah dilakukan hingga bulan Agustus.

"Untuk setiap KPM itu dalam satu bulan menerima 10 kilogram (kg). Ini berasnya gratis, penerima tidak dipungut biaya sepeserpun," ujarnya.

Sementara itu, untuk nama-nama penerima di tiap desa, ia mengaku bukan kewenangan Dinsos kabupaten untuk menentukan, pasalnya data tersebut langsung dari Kemensos.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews