Batamnews Raih Penghargaan dari Pemprov Kepri

Batamnews Raih Penghargaan dari Pemprov Kepri

Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Jaksa Agung M Prasetyo saat berfoto bersama Pemred Batamnews.co.id Muhammad Zuhri usai penyerahan penghargaaan (Foto: Adi/Batamnews)

Tanjungpinang - Hari Ulang Tahun Provinsi Kepulauan Riau ke-16 memberi kejutan bagi media dalam jaringan (daring).

Dinas Komunikasi dan Informasi Kepulauan Riau (Diskominfo Kepri) menetapkan tiga media daring yakni batamnews.co.id, batamtoday.com dan antarakepri.com (kepri.antaranews com) meraih penghargaan karena memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Ketua Tim Penilai, yang juga Kepala bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kepri, Iskandar Zulkarnaen mengatakan, penghargaan diberikan berdasarkan hasil penilaian sejak tahun 2017.

"Kami mengamati, menelaah dan meranking media-media daring yang berkontribusi dalam mendesiminasi hasil pembangunan, dan berisi informasi positif Pemerintah Kepri," ujarnya di Tanjungpinang, Minggu (23/9/2018),

Zulkarnaen mengemukakan pola penilaian menggunakan lima kriteria utama, yakni banyak memuat tulisan mengenai hasil pembangunan dan berisi informasi Pemprov Kepri, khususnya mengenai perkembangan teknologi daring dalam gugus tugas Diskominfo Kepri, terdaftar sebagai anggota organisasi profesi wartawan seperti PWI, AJI dan organisasi lain yang diakui Dewan Pers dan terdaftar sebagai anggota SMSI atau ASMI menaungi media daring.
 
Kemudian perusahaan media daring itu telah diakreditasi administrasi dan faktual Dewan Pers, masuk dalam list di aplikasi alexa.com dan aplikasi similar web, dan terperingkat oleh mesin intelijen media milik Diskominfo, khususnya untuk aplikasi media daring daerah yang paling banyak memberitakan tentang hasil hasil pembangunan dan konten informasi positif Pemprov Kepri.

Berdasarkan lima kriteria tersebut, Diskomifo Kepri menetapkan tiga media daring berhak meraih penghargaan berdasarkan tiga klasifikasi yakni batamtoday.com sebagai media yang telah terverifikasi secara administrasi dan faktual dewan pers (kelompok pertama).

Media ini merupakan anggota PWI dan SMSI, peringkat dalam alexa.com, jumlah visitor melalui similar web dan peringkat pertama terbanyak dalam mendesiminasi hasil-hasil pembangunan yang berisi informasi positif Pemprov Kepri yang dihasilkan mesin intelejen media yang dikelola oleh Diskominfo.

Kemudian batamnews.co.id, media yang telah terverifikasi secara administrasi dan faktual Dewan Pers merupakan anggota AJI dan AMSI, peringkat dalam rank alexa nomor satu di Kepri dan jumlah visiter melalui similar web, dan peringkat kedua terbanyak dalam mendesiminasi hasil hasil pembangunan dan konten informasi positif Pemprov Kepri yang dihasilkan oleh mesin intelijen media yang dikelola oleh Diskominfo.

Sementara antarakepri.com atau kepri.antaranews.com masuk kategori media daring yang merupakan gugus tugas pemerintah untuk mendesiminasi hasil hasil pembangunan dan berisi informasi positif pemerintah khususnya Pemprov Kepri.

"Antara merupakan salah satu saluran pemerintah secara resmi, juga berdasarkan peringkat media daring dalam gugus tugas pemerintah yang dihasilkan oleh mesin intelijen media yg dikelola Diskominfo," katanya.

Zulkarnaen mengatakan penilaian dan penghargaan yang diberikan berdasarkan tugas pokok dan fungsi Diskominfo yakni sebagai humasnya Pemerintah Kepri.

Berkaitann dengan tugas pokok dan fungsi, kata dia Diskominfo memfokuskan desiminasi melalui platform media daring dan media sosial. Kerja ini telah dimulai sejak tahun 2017 yang lalu.

Kegiatan itu pula sehubungan dengan adanya perkembangan terbaru dalam aturan pers media online oleh dewan pers, dan mencermati hasil pemeriksaan BPK mengenai aturan tersebut, terutama terkait kewajiban media daring terverifikasi secara administrasi dan faktual.

"Maka sejak tahun 2017 Diskominfo telah mengamati, menelaah dan meranking media media online yang berkontribusi dalam mendesiminasi hasil hasil pembangunan dan berisi informasi positif Pemerintah Kepri," jelasnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews