Tidur Mangap Bahaya Bagi Kesehatan, Hati-hati!

Tidur Mangap Bahaya Bagi Kesehatan, Hati-hati!

Ilustrasi (Foto: gatsuone.blogspot.com)

TIDUR sangat penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Tapi tidak semua orang bisa merasakan tidur lelap di malam hari. Kualitas tidur malam yang baik akan membuat Anda merasa segar keesokan harinya.

Namun, kadang, terlalu nyenyak bisa membuat mulut terbuka saat kita tidur. Mungkin kamu sudah terbawa suasana sampai hanyut dalam mimpi sebagai bunga tidur.

Tapi tidur mangap ternyata ada bahayanya bagi kesehatan. Tidak banyak yang tahu tentang ini.

Mengutio dari laman Times of India, tidur mangap bukan hanya memalukan tetapi tidur dengan mulut terbuka bisa menyimpan efek buruk bagi kesehatan tubuh seseorang.

Berikut informasi tentang bahaya tidur mangap untuk kesehatan.

1. Bakteri mulut cepat meningkat

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Oral Rehabilitation, aliran udara yang masuk melalui mulut bisa menghilangkan saliva atau air ludah.

Ketika bernapas melalui mulut, maka menciptakan plak dalam mulut yang pada akhirnya meningkatkan jumlah bakteri jahat dalam mulut.

Wah, ngeri juga ya. Bakteri bisa berkembang biak dengan cepat.

2. Risiko bau mulut

Siapa yang sering mengalami bau mulut yang luar biasa saat bangun tidur? Bau mulut yang juga dikenal sebagai halitosis.  

Halitosis adalah hasil dari penurunan saliva di mulut, ini masih terkait dengan keterangan di atas tadi.

Bau mulut ini dapat terjadi karena bernapas dari mulut menurunkan kemampuan mulut untuk membersihkan dirinya sendiri. 

Sesihnya lagi adalah bau mulut bisa sangat mengganggu. Bukan hanya membuat orang yang mengalaminya jadi merasa tidak nyaman, tetapi juga bagi orang-orang yang berada di sekitarnya.

3. Membatasi oksigen ke paru-paru

Bahaya tidur mangap yang terakhir adalah jika orang bernapas dengan mulut pada dasarnya membuat oksigen yang dipasok ke paru-paru menjadi lebih sedikit. Hal ini bisa menyebabkan kelelahan sepanjang hari karena tubuh mengalami kekurangan oksigen.

Itu dia makanya meski terasa tidur mangap itu pertanda kamu sedang nyenyak tapi saat bangun kamu tidak merasa segar. Ini karena tubuh kamu merasa lelah. Tidur tidak terasa rileks dan membawa kenyamanan.

Hindari tidur mangap bisa dengan cara mengatur posisi tidur seperti miring ke kanan atau ke kiri. Bisa juga celentang tapi leher dan bahu jangan lebih tinggi dari kepala, karena leher yang terlalu terangkat memancing kamu jadi tidur dengan mulut terbuka.

(aiy)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews