Pelamar CPNS Kesulitan Akses Situs sscn.bkn.go.id

Pelamar CPNS Kesulitan Akses Situs sscn.bkn.go.id

Batam - Sejumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengeluhkan sulitnya mengakses sscn.bkn.go.id sejak pagi tadi meski Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyatakan akan membuka akses situs tersebut mulai pukul 13.00 WIB.

Seperti disampaikan Abdul Ghoni, warga Batuaji. Dia mengaku sudah sejak pagi mencoba mengakses situs tersebut namun tak pernah berhasil.

"Kayaknya banyak yang akses sehingga down, padahal tadi saya baca berita sudah bisa diakses pukul 1 siang," kata dia, Rabu (19/9/2018).

Hal yang sama juga disampaikan Ida Nursanti. Lulusan perguruan tinggi negeri di Yogyakarta ini terus mencoba masuk ke situs sscn.bkn.go.id tapi selalu gagal.

"Saya tak tahu, apakah situs ini hanya susah diakses di Batam atau juga dengan daerah lain," kata Ida.

Dia berpendapat, seharusnya pemerintah mengantisipasi hal ini sejak dini.

Badan Kepegawaian Negara atua BKN akan membuka situs resmi BKN https://sscn.bkn.go.id untuk umum pada Rabu (19/9/2018) tepat pukul 13.00 WIB. Namun, pembukaan situs ini untuk umum hanya untuk menyajikan informasi lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS saja.

Kepala Biro Hubungan Kemasyarakatan BKN Mohammad Ridwan mengatakan, pembukaan situs ini hanya untuk memberikan informasi lowongan posisi dan juga persyaratan dari tiap instansi. Sehingga, para pelamar memiliki waktu yang cukup untuk mencari posisi terbaik sesuai latar belakangnya.

Sementara untuk pendaftaran secara online melalui situs resmi BKN baru bisa dilakukan paling lambat pada 26 September mendatang. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 yang mengamanatkan memberi waktu 15 hari kalender untuk pengumuman lowongan berisi informasi sebelum pendaftaran.

Meski demikian, belum ada instansi dan kementerian yang telah mencantumkan informasi lowongan melalui situs resmi BKN. Ada beberapa pula yang dilakukan secara paralel atau diumumkan pada saat pendaftaran online dimulai.

"Sesuai surat kepala BKN menyebutkan nanti 26 September paling cepat proses pendaftaran akan dimulai. Ini memberi waktu bagi instansi dan pendaftar. Nanti ada paralel paling cepat 26 September sekaligus pendaftaran online," tutupnya.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews