Bio Farma Kembangkan Vaksin dengan Komponen Halal

Bio Farma Kembangkan Vaksin dengan Komponen Halal

Ilustrasi

Jakarta - Ditengah polemik halal haram vaksin Measles dan Rubella (MR) kini menemukan secercah harapan. PT Bio Farma, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penghasil vaksin di Indonesia mengatakan pihaknya kini tengah mengembangkan vaksin dengan komponen halal.

Namun, saat ini Bio Farma mengaku belum menemukan material yang pas untuk dijadikan pengganti vaksin MR yang salah satunya seperti yang sebelumnya sudah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni milik Serum Institute of India (SII).

"Kami sedang berupaya mencari materialnya tetapi belum ketemu, target kita 2024 sudah harus memproduksinya," kata Direktur Utama PT Bio Farma Rahman Roestansaat ditemui di diskusi FMB bertema 'Jalan Panjang Fatwa MUI Vaksin MR', di Jakarta Pusat, Selasa (18/9/2018) kemarin.

Mengingat rumitnya alur dan juga pemgujian untuk membuat vaksin baru, tentu saja langkah Bio Farma untuk membuat vaksin halal di tahun 2024 patut diberikan dukungan.

"Kami sangat concern pada kehalalan, vaksin-vaksin baru ke depannya itu akan menggunakan material-material yang tidak berdasar hewan," katanya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews