Ijtimak Ulama Dukung Prabowo, Ini Respons Jokowi

Ijtimak Ulama Dukung Prabowo, Ini Respons Jokowi

Jokowi dan Prabowo

Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) menanggapi dukungan Ijtimak Ulama terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi mempersilakan Ijtimak Ulama memberikan dukungan, tetapi harus tetap fair.

"Indonesia negara demokrasi. Sering saya sampaikan ada satu kelompok pendukung Prabowo, kelompok lain dukung saya dan Kiai Ma'ruf Amin. Ya ini demokrasi, silakan, nggak dilarang di negara demokrasi," kata Jokowi saat ditemui wartawan di gedung iNews Center, Jl Wahid Hasyim, Jakarta, Senin (17/9/2018).

Tetapi, kata Jokowi, tentu ada ulama lain yang memberikan dukungan terhadap pasangannya, bakal cawapres Ma'ruf Amin. Terlebih Ma'ruf Amin merupakan ulama yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Tapi tentu saja ada kelompok lain yang juga memberikan dukungan misalnya ke Kiai Ma'ruf Amin. Ya apa pun, kita semua tahu bahwa Kiai Ma'ruf Amin ulama besar, Ketua MUI, tidak bisa ditutup-tutupi, memang faktanya seperti itu," sambungnya.

Namun Jokowi mengingatkan agar dukungan yang diberikan harus sehat dan fair. Sebab, dia menegaskan, Pilpres 2019 merupakan kontestasi politik yang harus diisi dengan adu ide dan gagasan.

"Perlu saya ingatkan sekali lagi, dukungan harus konteksnya sehat, fair, masyarakat bisa menguji ide, gagasan program yang disampaikan atau yang telah dilaksanakan," katanya.

Dia juga mengatakan demokrasi yang sehat akan mendewasakan sikap berpolitik yang dewasa untuk masyarakat.

"Saya kira penting sekali sehatnya demokrasi di Tanah Air, kedewasaan berdemokrasi kita," katanya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews