Drainase Untuk Flyover Simpang Kabil Rampung Bulan Depan

Drainase Untuk Flyover Simpang Kabil Rampung Bulan Depan

Simpang Kabil Batam. (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

Batam - Lalu lintas Simpang Kabil yang memotong Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani ditutup untuk sementara waktu. Pengerjaan proyek drainase berupa pembongkaran jalan di lokasi ini ditargetkan selesai bulan depan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA), Yumasnur mengatakan bahwa pembongkaran ini sudah dilakukan minggu lalu.

“Sekarang mulai tampak (dibongkar), tinggal menunggu box culvert yang saat ini lagi dipesan,” ujar Yumasnur, Kamis (6/9/2019). 

Lanjutnya, pembuatan box culvert saat ini sudah berjalan. Diperkirakan bakal selesai satu bulan tergantung cuaca. Gorong-gorong yang terbuat dari beton ini akan dipasang untuk mengatasi banjir serta menunjang pembangunan jalan layang atau flyover kedua di Batam.

"Tinggal nunggu box culvert saja, perkiraan satu bulan selesai. Setelah perbaikan gorong di bagian bawah selesai. Baru dilanjutkan dengan pembangunan flyover kedua yang rencana tahun depan dikerjakan," katanya.

Yumasnur menjelaskan perbaikan saluran air di jalan nasional ini akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selain Simpang Kepri mall, pengerjaan titik banjir ini juga dilakukan di depan Perumahan Simpang Raya arah Bandara, serta kawasan Batuaji, hingga Sekupang.

"Proyek-proyek tersebut merupakan usulan dalam Musrenbang nasional dari tahun lalu. Untuk perbaikan gorong-gorong Simpang Kabil. Nantinya gorong-gorong dipasang baru, diganti yang lebih besar. Begitu juga jalannya juga harus dibenahi," sebutnya.

Proses pembongkaran ruas jalan ini dilakukan pasti akan mengganggu lalu lintas. Untuk itu pihaknya telah koordinasi dengan instansi terkait. 

“Rekayasa lalu lintas sudah dilakukan, Bisa jadi sebagian jalan ditutup atau menggunakan jalur alternatif," ujarnya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews