3 Kecamatan Ini Dominasi 10.000 Data Pemilih Ganda di Batam

3 Kecamatan Ini Dominasi 10.000 Data Pemilih Ganda di Batam

Data ganda. (Foto: Ilustrasi)

Batam - Pemilih ganda banyak ditemukan di beberapa kecamatan. Mayoritas KPU menjumpai data ganda di Sagulung, Batuaji dan Batam Kota

Data keseluruhan pemilih ganda yang disampaikan oleh Komisioner Bawaslu, Nopialdi mengatakan ada 10 ribu pemilih ganda di Kota Batam. Tiga kecamatan itu mendominasi.

“Sagulung, Batuaji dan Batam Kota yang mendominasi,” ujarnya ketika dihubungi, Kamis (6/9/2018) siang.

Data 10 ribu pemilih tetap itu kata Nopialdi didapat dari Sistem Data Pemilih (Sidalih). DPT yang diterima dari KPU dilakukan pencermatan, ditemukan DPT ganda dan akan terus bertambah.

“Untuk temuan ini kami masih menunggu intruksi dari Bawaslu RI dan Bawaslu Kepri tentang langkah yang akan dilaksanakan. Karena kami melihat bahwa Sidalih ini juga belum optimal dalam memproses data pemilih.

Nopialdi menyebutkan, Bawaslu RI juga sudah merekomendasikan kepada seluruh Bawaslu untuk meminta KPU, baik di tingkat Kabupaten, Kota atau Provinsi untuk menetapkan DPT tanggal 16 September 2018 mendatang.

"Itu Info terbaru. Bahwa penetapan DPT ditingkat Nasional ditunda hingga 16  september 2018. Oleh karena itu waktu untuk pencermatan dan perbaikan lebih kurang 10 hari," ujarnya.

(ude)
 


Berita Terkait