Review Film: Mile 22

Review Film: Mile 22

Aksi Mark Wahlberg dan Iko Uwais dalam film Mile 22. (Foto : tabloidbintang.com)

Batam - Iko Uwais kembali menghentak dunia perfilman Hollywood lewat film terbarunya Mile 22. Kali ini, Iko beradu akting dengan Mark Wahlberg dan Lauren Cohan.  Film aksi ini digarap oleh Peter Berg (Deepwater Horizon dan Patriots Day) dan naskah ditulis oleh Lea Carpenter.

James Silva (Mark Wahlberg) merupakan  pemimpin sebuah regu bernama Overwatch yang bertugas membasmi para agen KSB dari Russia sekaligus melacak dan menghancurkan gudang Cesium, Cesium merupakan bubuk yang sangat berbahaya dan Silva menyebutnya Bubuk rasa takut.

16 bulan kemudian di Indocarr City, South East Asia, seorang polisi lokal bernama Li-Noor (Iko Uwais) menyerahkan diri kepada kedutaan besar Amerika Serikat yang berlokasi di kota tersebut. Li-Noor meminta perlindungan dengan jaminan informasi berharga dari apa yang tengah dikejar oleh Silva dan tim, yaitu lokasi gudang Cesium.

Informasi dan tingkah Noor yang misterius membuat Silva curiga dan hingga akhirnya regu operasi Overwatch yang dipimpinnya menghadapi  ancaman dan serangan dari badan intelijen lokal yang dipimpin oleh Axel (Sam Medina). Silva dibantu Alice (Laura Cohan),Sam (Rounda Rousey) ,Douglas (Carlo Alban) harus mengantar Li-Noor ke tempat yang aman sejauh 22 mil. Berhasilkah mereka menuju ke tempat tujuan?

Iko Uwais Tampil Beringas Bukan Main!
Mile 22 berhasil menampilkan sosok Iko Uwais ke mata dunia. Lewat beragam aksi yang ditampilkan aktor kelahiran 12 Februari 1983 ini, kita akan dibuat mengaga sekaligus terpukau  melihat adegan berkelahi ala Iko. Iko Uwais pun dipercaya sebagai koreografer adegan laga dalam film Mile 22 dibantu oleh Ryan Watson.  

Sayangnya Peter Berg tidak terlalu memikirkan jalan cerita dalam film. Pengenalan karakter Silva pun kurang greget, kita seakan melihat sosok Mark Wahlberg saja bukan Silva. Namun penonton akan merasakan ketegangan dengan adegan kejar-kejaran yang mencekam dan ledakan tak terduga.

Walau Wark Wahlberg pemeran utama sesungguhnya, spotlight sibuk menyorot Iko Uwais. Tidak bisa dipungkiri, suami Audy Item ini tampil beringas bukan main. Adegan perkelahian di mana ia harus tampil shirtless berhasil mencuri perhatian. Tak heran banyak kritikus dunia yang memuji performa Iko Uwais. 

Iko pun berhasil menyeimbangi beradu akting dengan Mark Wahlberg dan Lauren Cohan. Mengambil lokasi fiksi dengan sebutan Indocarr City, kita akan mendengar para pemain berdialog bahasa Indonesia. Bahkan Lauren Cohan terlihat fasih berbicara “Lu Boongin gw!”.

Peter Berg pun menyelipkan twist yang tak terduga di akhir.  Sehingga penonton tahu akan ada sekuel dari film ini. Mile 22 menjadi film pengenalan bakat Iko Uwais ke mata Hollywood dan seluruh dunia, film ini seakan didesain untuk Iko.

(aiy)