[Jurnalisme Warga] Ini Bukti Dam Duriangkang Tercemar Kotoran Babi

[Jurnalisme Warga] Ini Bukti Dam Duriangkang Tercemar Kotoran Babi

Peternakan babi di kawasan dam duriangkang yang diduga mencemari air dam. (Foto: Facebook)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Warga Batam, Kepri, tengah heboh dengan keberadaan kandang babi di dam yang menjadi sumber air utama warga Batam, Dam Duriangkang Tanjungpiayu.

Kandang babi dengan puluhan ternak babi itu berada tak jauh dari dam. Tidak saja kandang babi, namun keramba ikan juga berada di kawasan dam duriangkang.

Dam ini merupakan dam penampung air sebagai sumber air yang dioleh PT Adhya Tirta Batam (ATB) untuk didistribusikan kepada warga Batam.

Kendati sudah diolah sedemikian rupa, namun keberadaan peternakan babi tersebut sontak menjadi pemandangan tak sedap.

 

“Apakah anda tau..sebagian besar air minum yg kita komsumsi sehari hari berasal dari dam ini.. Faktanya sudah dipenuhi kerambah ikan dan yg lebih parah daerah serapannya dipenuhi kandang ternak babi dan ayam..dam Duriangkang Batam..,” ujar Denhari Maringga, seorang netizen Batam, Kamis 30 April 2015.

 

Keramba ikan yang berada di kawasan dam duriangkan Tanjungpiayu

Denhari memposting dua foto yang membuktikan keberadaan peternakan babi dan keramba ikan berada di kawasan dam. Sontak respon dari netizen lain berdatangan. Beberapa diantaranya tak percaya ada perternakan hewan jenis babi di sana.

“Waduuuchh.... jd warga batam mnggunakan air resapan kotoran babi? mesti bersuci nech warga batam. parrraaaahhh….,” ujar Adhy Nakrankkoto.

Beberapa netizen lainnya juga mengungkapkan hal yang sama. “Kacau nih..!!! saya pemakan Daging kerbau ,ayam atau kambing tapi pasti nya nggak mau minum air bekas kotoran nya.. begitu kg saudara kita yg konsumsi daging b**i pasti jg tdk mau minum air bks kotoran nya.. “ ujar Yadi Abu Soerya.

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews