Pemkab Natuna Tandatangani Kerjasama Desa Maritim

Pemkab Natuna Tandatangani Kerjasama Desa Maritim

Natuna - Pemerintah Kabupaten Natuna dan Badan Keamanan Laut (Bakamla), menandatangani Perjanjian Kerjasama terkait Pembentukan dan Pemberdayaan Desa Maritim dan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Natuna.

Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Bupati Natuna, Hamid Rizal dan Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama Bakamla RI, Irjen Pol. Abdul Gofur  di Kantor Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Selasa pagi (28/08/2018) 

Sedangkan kerjasama dengan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Natuna ditandatangani oleh Pemkab Natuna, Bakamla dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

Kerjasama nantinya meliputi, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan Basic Safety Training (BST) Kapal Layar Motor (KLM).

Bupati Natuna Hamid Rizal, menyambut baik kepercayaan yang diberikan Bakamla kepada Pemda Natuna. Sebagai wilayah pembentukan Desa Maritim, diharapkannya bisa bermanfaat bagi masyarakat pesisir.

"Kerjasama ini dapat menambah ilmu pengetahuan masyarakat, dengan dilaksanakannya diklat dalam rangka peningkatan keamanan dan keselamatan laut," ucap Hamid

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini untuk masalah pengawasan, keamanan dan keselamatan laut, Pemkab Natuna tidak memiliki perangkat.

Hadirnya Bakamla sangat membantu dalam pengawasan perairan laut Natuna dari aksi pencurian ikan, penyelundupan narkoba atau terorisme, terutama diwilayah perbatasan NKRI, tegasnya.

Direktur Kerjasama Bakamla melalui Dedy Rusnandar mengatakan, pembentukan dan pengembangan desa maritim merupakan salah satu program Bakamla dalam upaya mengoptimalkan tugas pokoknya.

Menurutnya, MoU ini sangat penting, mengingat isu-isu kemaritiman telah berkembang menjadi sangat krusial. Penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan di laut, dengan dukungan dan sinergisitas instansi lainnya. Termasuk pemerintah daerah, serta masyarakat pesisir dan perbatasan.

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah tepat untuk menyelaraskan sumber daya masing-masing pihak, dengan prinsip saling menguntungkan sesuai ketentuan.
 
"Kami memperkenalkan tentang Bakamla dan potensi keterlibatan masyarakat, agar bisa bersama menjaga keamanan dan keselamatan laut dengan Bakamla," ucapnya.

Bakamla berharap, dengan digelarnya diklat, masyarakat menjadi sadar akan pentingnya standar keselamatan di laut dengan mempersiapkan diri baik fisik maupun alat keselamatannya di kapal, terangnya.

Sementara itu, peresmian desa maritim ditandai dengan pembukaan papan selubung pintu Gerbang. Menuju kantor Desa Cemaga.

Dilanjutkan penandatanganan prasasti kerjasama antara Deputi Inhuker Bakamla RI diwakili Dedy Rusnandar, SH, MH, Bupati Natuna Hamid Rizal.

(adv)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews