Mengulik Nama Erick Thohir, yang Disebut Bakal Calon Ketua TKN Jokowi-Maruf Amin

Mengulik Nama Erick Thohir, yang Disebut Bakal Calon Ketua TKN Jokowi-Maruf Amin

Erick Thohir

Jakarta - Isu tentang penunjukkan pengusaha Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019 semakin santer terdengar. Beberapa elite partai koalisi Jokowi mengamini isu tersebut.

Namun ini baru sebatas isu, belum ada kepastian. Jokowi baru akan mengumumkan siapa yang menjadi Ketua Tim Kampanye setelah Asian Games berakhir. Berikut profil singkat sepak terjang Erick Thohir yang disebut-sebut calon ketua tim sukses:

1. Pengusaha media

Erick Thohir sendiri dikenal sebagai pengusaha media ternama. Dia pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast) yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing) yakni Harian Republika, Golf Digest, digital yakni Rajakarcis.com.

Erick sendiri pada tahun 1993 lulus program Master untuk Bisnis Administrasi (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat. Sebelumnya memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Arts) dari Glendale University.

2. Punya bisnis di bidang olahraga

Bukan hanya bergerak media, bisnis Erick juga tersebar di beberapa bidang salah satunya bisnis olahraga. Pada 15 Oktober 2013 setelah melalui proses negosiasi yang panjang, melalui International Sport Capital yang dipimpin oleh Erick secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas dengan memiliki saham klub sebesar 70 persen.

Pada 15 November 2013, Erick dipercaya sebagai presiden klub Inter Milano menggantikan Moratti hingga saat ini.

Erick Thohir juga dikenal sebagai orang Asia pertama yang memiliki klub NBA. Melalui negosiasi panjang pada 2011 dia membeli saham Philadelpia 76ers.

Thohir menjadi bagian konsorsium yang di dalamnya termasuk aktor Will Smith, Jada Pinkett Smith, dan Jason Levien membeli saham 76ers. Thohir juga memiliki klub bola basket di Indonesia yaitu Staria Muda Britama dan Indonesia Warriors.

3. Sukses sebagai ketua INASGOC

Erick juga saat ini dipercaya sebagai ketua dari Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee atau INASGOC, bertanggung jawab sebagai panitia pelaksana yang akan menyusun rencana, menyiapkan dan menyelenggarakan Asian Games 2018 dari 18 Agustus sampai 2 September 2018.

Erick dapat dikatakan sukses menjadi ketua penyelenggara Asian Games, karena sampai detik ini pesta olahraga terbesar di Asia berjalan sesuai dengan rencana, aman dan lancar.

4. Mendapat dukungan pimpinan Tim Pemenangan Jokowi

Selain muda dan menjadi pengusaha sukses, Erick dinilai masuk kriteria menjadi Tim Pemenangan Jokowi. Nama Erick juga mendapat dukungan dari partai koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf.

Contohnya Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) setuju jika Ketua Inasgoc Erick Thohir didaulat menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. "Salah satu yang memang Erick Thohir kan sudah mempunyai prestasi yang begitu baik. Dan saya kenal ini anak dari masih kecil," kata OSO di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/8).

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews