Idul Adha 1439 Hijriah

Pemko Batam Pusatkan Salat Idul Adha di Dua Tempat

Pemko Batam Pusatkan Salat Idul Adha di Dua Tempat

Dataran Engku Putri, Batam Centre. (Foto: Batamnews)

Batam - Pelaksanaan Sholat Ied Adha 1439 H Pemerintah Kota Batam akan dilaksanakan di dua tempat berbeda.

Wali Kota Batam, HM Rudi akan salat Ied di dataran Engku Puteri. Sedangkan Wakil Wali Kota, Amsakar Achmad akan sholat di Lapangan Sepakbola Sei Harapan. 

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Batam, Yudi Admaji mengatakan pelaksanaan ibadah sholat Ied di dua tempat berbeda baru pertama kalinya dilaksanakan Pemko Batam.

“Biasanya berpusat di Engku Putri, tapi kali ini di dua tempat,” ujar Yudi, Selasa (21/8/2017). 

Hal ini dikarenakan Badan Pengusahaan (BP) Batam telah mengibahkan aset Masjid Baiturahman, Sekupang ke Pemko Batam. Sehingga sebagai rasa syukur maka pelaksanaan sholat Ied di Masjid tersebut.

“Awalnya mau sholat di halaman masjid, namun karena keterbatasan tempat, maka sholat ied dilaksanakan di lapangan sepak bola Sei Harapan,” kata dia. 

Pada pelaksanaan sholat Ied di Engku Putri, H Hamiza sebagai Khatib, Ust H Faisal Al Hafiz sebagai Imam dan M Amin sebagai Bilal. 

Sedangkan pelaksanaan sholad Ied di lapangan Sepakbola Sei Harapan, Salim A Fillah sebagai Khatib, Muslim Ahmad sebagai Imam dan M Hasyim sebagai Bilal.

Kemudian untuk pemotongan hewan kurban juga dilakukan di dua tempat berdeda. Wali kota Rudi akan mengawal pemotongan hewan kurban di Masjid Agung, Batam center dan Wakil Wali kota, Amsakar Achmad mengawal pemotongan hewan kurban di Masjid Baiturahman, Sekupang. 

“Setelah sholat langsung dilanjutkan proses pemotongan hewan kurban, dan dilaksanakan di dua tempat berbeda,” jelasnya. 

Untuk hewan kurban, Pemko Batam akan menyumbangkan 28 ekor sapi. Dan disebarkan pada setiap kecamatan yang ada di kota Batam. 

“Hewan kurban ini berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Batam, selain disebar ke kecamatan, ada juga yang diberikan ke masyarakat yang telah meminta ke bagian Kesra,” ucapnya. 

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews