DPKP Pastikan Hewan Kurban di Lingga Aman dari Penyakit Zoonosis

DPKP Pastikan Hewan Kurban di Lingga Aman dari Penyakit Zoonosis

Petugas kesehatan sedang melakukan pengecekan terhadap hewan kurban di Lingga (Foto:Ruzi/Batamnews)

Lingga - H-1 Idul Adha 1439 Hijriah tahun 2018, sejumlah panitia kurban di masing-masing surau, masjid bahkan sekolah sudah mulai mendatangkan hewan kurban baik berupa kambing maupun sapi.

Kepala bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Lingga, Teuku Taufik Ardiansyah mengatakan, untuk memastikan dan mengecek kesehatan hewan kurban di masing-masing surau maupun masjid, pihaknya telah melakukan inspeksi hewan kurban yang dilakukan hingga Jumat (24/8/2018) mendatang.

"Secara umum, kesehatan ternak sapi di Lingga aman dari penyakit zoonosis yakni penyakit hewan yang bisa tertular ke manusia, seperti anthrax serta penyakit mulut dan kuku (PMK)," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (21/8/2018).

Taufik menjelaskan, sapi-sapi yang berasal dari peternak lokal Kabupaten Lingga hingga saat ini masih dalam pengawasan DPKP.

Petugas pelayanan kesehatan hewan (Keswan) setiap hari bergerilya di kandang-kandang sapi untuk memastikan kesehatan hewan tersebut.

"Kalau diminta pelayanan Insya Allah jika masih terjangkau dan bukan mendadak tengah malam masih bisa terlayani. Kalau untuk data keseluruhan kami masih proses," ujarnya.

Dia mengaku, secara syar'i panitia kurban di Lingga sudah paham tentang pedoman pemilihan hewan kurban yakni tidak boleh cacat, sehat secara performa serta cukup umur.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews