Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Karimun

Merdeka Bagi Seluruh Anak Bangsa

Merdeka Bagi Seluruh Anak Bangsa

Prosesi pengibaran Sang Merah Putih pada peringatan kemerdekaan RI di Coastal Area, Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Matahari malu-malu mengintip di balik awan langit Tanjungbalai Karimun. Sementara itu, di lapangan Coastal Area, ribuan orang tengah berkumpul untuk mengikuti Upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Jumat (17/8/2018).

Peringatan kemerdekaan ini begitu dinanti oleh masyarakat. Mereka berkumpul mengelilingi lapangan, untuk menunggu detik-detik proklamasi serta pengibaran Bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera.

Di tengah lapangan, ratusan orang dengan tegap berdiri. Terlihat mereka mengenakan pakaian dari instansi masing-masing.

Susana bertambah khidmat, di saat pasukan pengibar bendera masuk ke dalam lapangan. Hentakan langkah mereka memecah keheningan.

Ribuan pasang mata tertuju kepada anggota Paskibraka tersebut. Langkah kaku serentak mereka seakan-akan menghipnotis warga yang memadati Coastal Area.

Angin bertiup, menggerakkan umbul-umbul simbol kemerdekaan. Seorang anggota Paskibraka naik ke atas panggung dengan tatapan lurus ke depan. Di tangannya ada sebuah baki.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dengan hati-hati meletakkan Sang Merah Putih ke atas baki untuk segera dikibarkan.

Pasukan melangkahkan kaki ke arah tiang bendera dan mengibarkan sang Dwi Warna dengan penuh konsentrasi. Iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya membawa bendera Merah Putih ke puncak tiang dan berkibar dengan gagah.

Seremoni berakhir dengan laporan komandan upacara Kapten CPM. Nurdin Nasution kepada inspektur upacara. "Lapor !! Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan, telah siap dilaksanakan, Laporan selesai," ujarnya kepada Bupati Karimun.

Setelah instruksi dari Aunur Rafiq membubarkan barisan. Komandan upacara yang berada d itengah lapangan disusul oleh Bupati Karimun, dan menyalaminya.

Dari luar lapangan upacara, terdengar pekik warga yang begitu bersemangat. "Merdeka, merdeka!" Merdeka untuk seluruh anak bangsa.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews