31 Oktober Batas Akhir Pendaftaran Nomor Induk Berusaha dengan OSS

31 Oktober Batas Akhir Pendaftaran Nomor Induk Berusaha dengan OSS

BP kawasan dan DPMPSTK Bintan sosialisasi OSS di Kawasan Industri Lobam, Kamis (9/8/2018). (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Bagi perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Bintan harus segera memanfaatkan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Sistem Online One Single Submission (OSS).

Sebab mulai 31 Oktober 2018 mendatang, untuk mendapatkan NIB prosesnya akan kembali semula. Sehingga pengurusannya akan menelan waktu lama.

Kabid Perizinan dan Penanaman Modal DPMPTSPTK Bintan, Alfeni Harmi mengatakan semua sistem permohonan perizinan wajib menggunakan OSS. Termasuk NIB ini yang menjadi syarat mutlak dalam permohonan pembuatan perizinan.

"Jadi mulai sekarang perusahaan yang berada di Kawasan Industri Lobam, Pariwisata Lagoi, Trikora, Galang Batang dan Bintan Timur segera daftar NIB melalui OSS. Dijamin mudah, cepat dan banyak keunggulannya," ujar Alfeni, Jumat (10/8/2018).

NIB ini bertujuan memangkas proses administrasi perizinan. Jadi dengan mengantongi NIB ini, pihak perusahaan akan diuntungkan dalam pengurusan 7 macam perizinan lainnya.

Mulai dari Izin Prinsip, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), Izin Kepabeanan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan izin lainnya.

"Biasanya perizinan itukan diurus secara terpisah. Tapi dengan NIB, terkoneksi dengan 7 perizinan lainnya melalui satu pintu yaitu OSS," jelasnya.

Sistem online OSS ini tidak hanya sekedar keunggulan semata. Tetapi juga memiliki kendala seperti trafik portal www.oss.go.id yang padat dan kendala lainnya.

Namun pihak perusahaan tidak perlu khawatir. Sebab BP Kawasan dan DPMPTSPTK Bintan akan memfasilitasi dan memberikan pelayanan. Kemudian juga selalu menerima pengaduan terkait penggunaan sistem ini oleh user perusahaan. 

"Kami akan terus sosialisasikan penerapan sistem OSS agar proses pelayanan perizinan lebih cepat. Kemudian juga akan dicarikan solusinya agar cepat selesai sesuai dengan waktunya," ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews