Disdukcapil Lingga Layani Pembuatan E- KTP Door to Door

Disdukcapil Lingga Layani Pembuatan E- KTP Door to Door

Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan melakukan layanan Door to Door atau pintu ke pintu. (Foto: Ruzi/batamnews)

Lingga - Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan melakukan layanan Door to Door atau pintu ke pintu. Langkah tersebut dilakukan untuk menyikapi kurangnya partisipasi masyarakat dalam melakukan perekaman e-KTP.

Padahal, Disdukcapil Lingga telah menyiapkan jadwal 30 desa/kelurahan yang masuk dalam agenda kegiatan pelayanan langsung pendaftaran penduduk dan peningkatan pelayanan publik dalam bidang kependudukan dan peningkatan implementasi kepemilikan akta pencacatan sipil tahun 2018.

Namun, sayang program yang dilakukan Capil tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Kabupaten Lingga.

"Kami akan mendatangi rumah-rumah warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. Ini dilakukan agar hak masyarakat terpenuhi," kata Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan di Disdukcapil Lingga, Muhammad kepada Batamnews.co.id, Kamis (9/8/2018).

Dia melanjutkan, selain layanan Door to Door, pihaknya juga membuka layanan perekaman e-KTP hingga malam hari di setiap desa/kelurahan yang sudah dijadwalkan.

"Layanan hingga malam ini, bertujuan agar masyarakat yang tidak ada waktu siang, dapat melakukan perekaman pada malam hari. Kami berharap pelayanan door to door ini dapat menjawab masalah kurangnya partisipasi masyarakat dalam melakukan perekaman e-KTP," ujarnya.

Muhammad mengaku, saat ini yang menjadi target Disdukcapil Lingga pada pelayanan Door to Door adalah warga yang terdata belum memuliki e-KTP.

"Kami akan sisir semua nama yang belum memiliki e-KTP. Kecuali yang bersangkutan tidak ada di tempat dan kami akan mengambil langkah lewat kepala desa atau lurah supaya bisa memfasilitasi warga itu jika pulang nanti bisa melakukan perekaman," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews