Nelayan Lingga Berbekal Ilmu SAR dari BNPP

Nelayan Lingga Berbekal Ilmu SAR dari BNPP

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Tanjungpinang, Kepulauan Riau gelar pelatihan SAR di Lingga. (Foto: ist/batamnews)

Lingga - Lurah Senayang, Kabupaten Lingga Ikin Kurniawan menyambut baik pelatihan antisipasi bencana yang diberikan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Pelatihan SAR itu telah diselenggarakan disejak 6 Agustus lalu hingga 11 Agustus nanti. Peserta yang diikutsertakan melibatkan nelayan, organisasi pemuda, Satpol PP, Tagana serta Linmas yang berjumlah 50 orang.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan kepada masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, khususnya kecelakan di air," kata Ikin ketika dihubungi Batamnews.co.id, Rabu (8/8/2018).

Lanjut dia, bersyukur dan berterima kasih kepada Bansarnas dan Pemkab Lingga yang telah menetapkan kegiatan tersebut di wilayah Kecamatan Senayang.

"Harapan kami dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa membantu dalam pemberian pertolongan pertama terhadap korban kecelakan atau musibah di laut maupun didarat, terutama musibah di laut, mengingat wilayah Kecamatan Senayang sangat lah luas dan akhir-akhir ini sering terjadi musibah yang tidak kita ingini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BNPP Tanjungpinang, Budi Cahyadi melalui Kasi Operasi, Eko Supriyanto mengatakan, kegiatan pelatihan SAR di Kecamatan Kepulauan itu dimulai dengan pemberian materi kelas selama dua hari, kemudian praktek di laut selama satu hari.

"Adapun materi kelas, itu penanganan cedera alat gerak, Resusitasi Jantung Paru (CPR) serta teknik pertolongan di air," kata Eko.

Dia menjelaskan, pada tanggal 10-11 Agustus mendatang, pelaksanaan latihan yang telah diberikan oleh instruktur Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang akan dipraktekkan di depan para muspida pada saat penutupan 11 Agustus.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews