Kabupaten Lingga Segera Punya Museum Timah

Kabupaten Lingga Segera Punya Museum Timah

ilustrasi (Foto: ist/batamnews)

Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan membangun Museum Timah di Kecamatan Singkep. 
Pembangunan tersebut dilakukan sejalan dengan pembangunan Monumen Timah dan Singkep Bisnis Center.

Kepala Dinas Kebudayaan (Dishub) Lingga, Muhammad Ishak mengaku, sejak dulu dirinya telah mengharapkan terbangunnya Museum Timah di Dabo Singkep.

"Karena waktu itu anggaran sangat terbatas, saya harus berikhtiar dulu mengumpul koleksi di Museum Sejarah Linggam Cahaya di Daik. Alhamdulillah, walaupun Museum Linggam Cahaya belum begitu lengkap fasilitasnya, tapi sekarang sudah menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi para tamu bila berkunjung Lingga," kata dia kepada Batamnews.co.id, Kamis (2/7/2018).

Lanjut dia, jika nanti Museum Timah di Dabo Singkep berhasil dibangun, maka akan ada dua Museum di Negeri Bunda Tanah Melayu.

"Saya yakin masyarakat akan memberikan dukungan dan partisipasi untuk kelacaran pembangunan Museum Timah sebagaimana yang pernah saya lakukan pada waktu mengumpulkan koleksi untuk Museum Linggam Cahaya di Daik waktu itu," ujarnya.

Lanjut dia, Bupati Lingga Alias Wello untuk mewujudkan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021 serta menjalankan amanah UU No.11 tahun 2010 tentang cagar budaya, telah menerbitkan Perda No.10 tahun 2017 tentang pelestarian dan pengelolaan cagar budaya.

"Jadi, untuk memfollow up UU dan Perda itu, sekarang Lingga sudah memiliki tim ahli cagar budaya," katanya.

Diketahui, Pemkab Lingga melalui Disbud Lingga juga telah melakukan sosialisasi cagar budaya di Dabo Singkep, sebagai langkah awal persiapan pembangunan Museum Timah.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews