Pemkab Lingga Kunjungi PT. Timah Tbk di Pangkal Pinang, Apa yang Dibahas?

Bupati Lingga, Alias Wello bersama Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Lingga, Muhammad Ishak, Kepala Dinas Pekejaan (PU) Umum, Said Nursyahdu, Kepala Bidang (Kabid) Sejarah di Disbud Lingga, Nadar serta Kabid Cipta Karya di Dinas PU, Agus Fitrianto dan General Manager (GM) PT. Timah Tbk di Griya Timah Pangkal Pinang (Foto:Ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, yang dipimpin langsung oleh Bupati Lingga, Alias Wello mengunjungi PT. Timah Tbk di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (13/7/2018) kemarin.

Dalam kunjungannya, pria yang akrab disapa Awe itu turut didampingi Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Lingga, Muhammad Ishak, Kepala Dinas Pekejaan (PU) Umum, Said Nursyahdu, Kepala Bidang (Kabid) Sejarah di Disbud Lingga, Nadar serta Kabid Cipta Karya di Dinas PU, Agus Fitrianto.

Kunjungan pejabat Pemkab Lingga itu disambut hangat General Manager (GM) PT. Timah di Griya Timah Pangkal Pinang.

"Kunjungan itu dalam rangka silaturahmi sekaligus mengharapkan adanya dukungan dari PT. Timah untuk rencana  pembangunan Singkep Bisnis Centre (SBC), terutama untuk pembangunan museum dan monumen timah di Dabo Singkep," ujar Kepala Disbud Lingga, Muhammad Ishak ketika dihubungi Batamnews.co.id, Sabtu (14/7/2018).

Dia melanjutkan, dalam kunjungan tersebut, Awe turut menyampaikan bahwa keberadaan PT. Timah di Pulau Singkep yang melebihi 1 abad itu, dulunya telah banyak memberikan pegaruh sosial ekonomi yang luar biasa.

Tidak saja kepada masyarakat yang tinggal di Pulau Singkep, tapi juga terhadap masyarakat yang berada di pulau-pulau sekitarnya.

"Itu tentu menjadi ingatan dan kenangan yang tidak akan pernah dapat dilupakan. Oleh karena itu untuk menata kembali salah satu bekas lokasi dan bangunan yang ada di emplasemen Dabo, Pemkab Lingga berencana akan melakukan pembangunan SBC yang disitu perlu juga dilengkapi dengan bngunan lain seperti pembangunan monumen dan museum timah," ujarnya.

Lanjut dia, tahun 2018 ini Pemkab Lingga akan segera membangun akses jalan ke lokasi tersebut. Kemudian, untuk bangunan pendukung, Pemkab berharap PT. Timah bersedia membantu.

Menanggapi hal itu, GM PT. Timah Tbk, Ahmad Syamhadi menyambut baik usulan tersebut. Dia menyebutkan, akan segera menyampaikan permintaan Pemkab Lingga ke Direktur Utama (Dirut) PT. Timah.

Diketahui, saat ini PT. Timah telah mempunyai dua museum timah di Provinsi Bangka.

(ruz)