5 Superhero LGBT di Dalam Komik Marvel

5 Superhero LGBT di Dalam Komik Marvel

Komunitas LGBT saat ini mulai banyak direpresentasikan dalam dunia pop culture, termasuk komik. (Foto: ist/batamnews)

Jakarta – Isu keberagaman dan inklusifitas tergolong isu yang lagi ramai digaungkan di negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat.  Komunitas LGBT saat ini mulai banyak direpresentasikan dalam dunia pop culture, termasuk komik. 

Marvel Comics menjadi salah satu perusahaan komik yang memiliki karakter-karakter LGBT yang ikonis. Hal itu dilakukan untuk merangkul kalangan marjinal ini. Salah satu caranya dengan membuat karakter-karakter yang mewakili komunitas Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender (LGBT). 

Dilansir dari Feedy berikut lima karakter LGBT di dunia komik Marvel.

Northstar alias Jean-Paul Beaubier 

Northstar alias Jean-Paul Beaubier adalah superhero Marvel yang tergabung dalam tim superhero Kanada bernama Alpha Flight. Northstar merupakan karakter Marvel pertama yang secara terbuka menyatakan dirinya sebagai gay. Momen tersebut terjadi dalam Alpha Flight #106 yang terbit tahun 1992. Ia kemudian menikah dengan Kyle Jinadu dalam komik Astonishing X-Men #51 (2012). Pernikahan tersebut menjadi pernikahan sesama jenis pertama yang muncul dalam komik mainstream.

Karolina Dean

Karolina Dean merupakan anggota kelompok superhero muda, Runaway, dan pertama kali muncul dalam Runaway #1 yang terbit tahun 2003. Dia merupakan putri dari bintang Hollywood Frank dan Leslie Dean. Belakangan diketahui kalau orang tua Karolina ternyata tergabung dalam organisasi jahat bernama The Pride. Karolina adalah salah satu dari sedikit karakter lesbian atau homoseksual yang ada dalam dunia Marvel.

Mystique

Bernama asli Raven Darkholme, salah satu karakter legendaris dalam lini komik X-Men ini merupakan karakter biseksual paling terkenal di dunia Marvel. Sebagai seorang shape-shifter alias orang yang bisa berubah wujud, nggak heran kalau Raven cukup fleksibel dalam memilih pasangan. Mystique sendiri saat ini udah memiliki dua anak, Graydon Creed dan Nightcrawler.

Daken

Daken alias Akihiro adalah putra dari pasangan Wolverine dan Itsu. Sama kayak sang ayah, dia juga memiliki cakar dan healing factor. Daken merupakan seorang biseksual dan termasuk salah satu karakter yang orientasi seksualnya sering “diumbar” oleh writer. Dalam satu kesempatan, dia disebutkan pernah berhubungan dengan salah satu cowok yang kerja sebagai pegawai Norman Osborn (Green Goblin). Di kesempatan lainnya, Daken digambarkan tengah menggoda perempuan yang menjadi agen H.A.M.M.E.R.

Iceman

Dalam All-New X-Men #40 yang terbit bulan April 2015, Marvel mengungkapkan bahwa salah satu karakter klasik ini ternyata adalah seorang gay. Hal ini sempat menimbulkan “kerusuhan” di fanbase Marvel, karena selama ini Iceman digambarkan sebagai seorang heteroseksual.

Belakangan kemudian disebutkan bahwa Iceman sebenarnya dari dulu adalah gay, tapi dia nggak mau mengakui karena dia nggak mau “jadi” gay dan mutan di saat yang sama. Seperti yang kita tahu, dalam dunia Marvel, komunitas mutan termasuk dalam kalangan yang terpinggirkan di masyarakat, sama seperti komunitas LGBT di dunia nyata.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews