Kabar Gembira, Ongkos Haji Tahun Ini Turun Drastis

Kabar Gembira, Ongkos Haji Tahun Ini Turun Drastis

Suasana di Tanah Suci Mekkah. (foto: satelit)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pemerintah menetapkan Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) 2015 sebesar USD 2.717 atau sebesar Rp 33. 962.500 (dibulatkan menjadi Rp 34 juta). Ongkos haji terbaru ini turun cukup drastis dari tahun sebelumnya.

Penetapan BPIH itu setelah Panitia Kerja (Panja) Komisi VIII melakukan rapat secara marathon dengan Menteri Agama, Lukman Hakim Syaefudin, Rabu (22/4/2015). "Turun USD 512 dibanding tahun lalu sebesar USD 3219. Ongkos ini lebih efisien dan rasional," katanya seperti dilansir tempo.

Meski BPIH tahun ini turun, namun tak akan mengurangi fasilitas dan kenyamanan yang akan diberikan kepada jamaah. Di antara peningkatan pelayanan yang dilakukan adalah upaya lobi pemerintah kepada Arab Saudi agar penerbangan dari Indonesia langsung menuju Madinah. "Kalau disetujui, akan lebih efisien, sehingga bisa mengurangi kelelahan jamaah," tutur politisi PPP itu.

Ditambahkannya, tahun ini jamaah haji mendapat makan selama 15 hari, plus tenda berpendingin ruangan. “Pemondokan akan dikonsentrasikan di hotel yang terintegrasi dengan penyediaan bus, sehingga makin efektif,” tambahnya.

(ind/bbs)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews