Ini Penyebab Air ATB Tak Lancar ke Rumah Pelanggan

Ini Penyebab Air ATB Tak Lancar ke Rumah Pelanggan

Intalasi Pengolahan Air (IPA Duriangkang) jadi andalan untuk mensuplai air hampir 70 persen bagi penduduk Batam. (Foto: ist/batamnews)

Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) sebagai perusahaan penyedia air bersih di Batam, memiliki kewajiban dan komitmen mendistribusikan air kepada pelanggan. Namun, adakalanya pada waktu-waktu tertentu aliran air bersih ke pelanggan kurang lancar.

Salah satu yang menjadi faktor penyebabnya adalah tempat tinggal pelanggan yang berada pada titik elevasi tinggi dan yang berada di ujung pipa.

"Pelanggan yang bertempat tinggal pada elevasi tinggi akan terkena dampak terhadap kontinuitas suplai air yang diterima. Terutama saat kebutuhan serta pemakaian air di daerah elevasi tinggi tersebut sedang melonjak tinggi," ujar Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary.

Distribusi air dilakukan dengan konsep gravitasi. Dari tanki reservoir ATB yang berada di atas bukit, dimana suplai air mengalir dari tekanan yang lebih tinggi ke tekanan rendah. Tangki ini berfungsi untuk menyuplai air ke pelanggan dengan konsep gravitasi.

"ATB menyuplai aliran air dengan konsep gravitasi, dari tekanan yang lebih tinggi ke tekanan yang rendah. Pelanggan yang bermukim di daerah rendah, diimbau untuk memiliki toleransi dalam mengkonsumsi air bersih," ujarnya.

Toleransi pemakaian air tersebut dilakukan agar pelanggan yang tinggal di daerah elevasi lebih tinggi, juga dapat menikmati dan menerima suplai air lebih lancar.

"Jumlah pelanggan air bersih ATB sampai saat ini sekitar 278 ribu pelanggan, di mana sebagian kecil dari total pelanggan tersebut bertempat tinggal di daerah yang memiliki elevasi yang tinggi," kata Maria.

Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi ATB agar dapat memberikan hasil lebih baik untuk suplai air. Beberapa penguatan jaringan ke pelanggan terus dilakukan untuk dapat menguatkan suplai di kawasan tersebut.

Faktor elevasi tinggi merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindarkan. ATB selalu berupaya untuk melakukan penguatan jaringan untuk memperkuat suplai.

"Upaya memberikan pelayanan maksimal dilakukan ATB kepada beberapa pelanggan yang berada di elevasi tinggi. Perbaikan dan penguatan jaringan pun dilakukan, guna memperkuat suplai," kata Maria.

Pelanggan yang berada di elevasi tinggi diimbau untuk selalu mempersiapkan tampungan air. Hal ini dilakukan agar pelanggan memiliki cadangan air bersih, jika pada waktu tertentu terjadi gangguan suplai sebagai dampak elevasi tinggi tersebut. 

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews