Pertama di Dunia, Zenfone 2 Pakai RAM 4 GB

Pertama di Dunia, Zenfone 2 Pakai RAM 4 GB

Asus Zenfone 2. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID - Asus resmi meluncurkan Zenfone 2. Smartphone terbaru ini dibekali dengan RAM berkapasitas hingga 4 GB, melebihi ponsel-ponsel lain yang kebanyakan masih mentok di angka 3 GB.

"Zenfone 2 adalah smartphone pertama dan satu-satunya di dunia yang menggunakan RAM sebesar 4 GB," ujar CEO Asus Jerry Shen ketika berbicara di panggung acara peluncuran Zenfone 2 di Jakarta, Selasa (21/4/2015) seperti dilansir kompastekno.

Penyertaan RAM berkapasitas jumbo itu pun menurut Shen, bukannya tanpa alasan. Zenfone 2 disebutnya menawarkan kinerja multitasking mumpuni berkat hal ini. "Hingga 26 aplikasi bisa dijalankan secara bersamaan di latar belakang (background), multitasking pun bisa berlangsung mulus," imbuhnya.

Shen menjelaskan kapasitas RAM akan terpakai ketika pengguna ponsel membuka aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang dibuka, semakin sedikit pula ruang kosong yang tersedia di RAM. Saat RAM sudah penuh sesak, sistem operasi akan mulai mematikan program aktif untuk menghemat ruang di RAM.

Hal ini bakal menjadi masalah ketika program yang sudah dimatikan tadi coba dipanggil kembali oleh pengguna seperti yang lazimnya terjadi dalam skenario multitasking. Katakanlah, ketika hendak berpindah aplikasi dari browser ke pemutar musik.

Aplikasi yang sudah dimatikan terpaksa dipanggil kembali dari dalam storage, hal ini menyebabkan penurunan kinerja sehingga perpindahan aplikasi terasa tersendat.

"Belum lagi, proses pemanggilan kembali aplikasi dari dalam storage itu akan menyedot daya sehingga memboroskan baterai ponsel," lanjut Shen.

Dengan memakai RAM berkapasitas besar, Zenfone 2 mampu menampung lebih banyak aplikasi aktif sehingga menimalisir keharusan untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan.

(Ind/bbs/kc)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews