Pemko Minta BP Batam Sediakan Lahan KSB untuk Korban Kebakaran

Pemko Minta BP Batam Sediakan Lahan KSB untuk Korban Kebakaran

Pemerintah Kota Batam akan mencarikan lahan untuk para korban kebakaran Permukiman Rumah Liar (Ruli) Beverly). (Foto: edo/batamnews)

Batam - Pemerintah Kota Batam akan mencarikan lahan untuk para korban kebakaran Permukiman Rumah Liar (Ruli) Beverly, Kampung Belian, Batam. Lahan tersebut direncanakan berupa Kaveling Siap Bangun (KSB).

Wali Kota Batam, M Rudi mengatakan bahwa pihaknya sedang mencoba berkomunikasi dengan pihak Badan Pengusahaan (BP) Batam.

“Kami mencoba mencari solusi karena yang punya lahan itu bukan Pemko Batam,” ujar Rudi, Selasa (17/7/2018). 

Ia sudah memerintahkan Kepala Dinas Pertanahan Kota Batam untuk mengajukan permintaan lahan kepada BP Batam.

“Mana tahu dibukakan hati mereka (BP Batam; red) yang punya hak dan wewenang untuk memberikan lahan,” katanya.

Menurutnya jika para korban jadi dipindahkan ke KSB, maka memberikan keuntungan untuk mereka. Karena sebelumnya mereka menempati lokasi tidak resmi, setelah dapat KSB mereka sudah menempati lokasi resmi.

“Kalau nanti lahan sudah ada, nanti kami cari donatur untuk bangun rumah, kalau tidak ada, kami bantu sekedarnya aja,” katanya.

Baca juga:

4 Hari Lagi, Wali Kota Tentukan Nasib 595 Korban Kebakaran di Batam

Bantuan Korban Kebakaran Ruli Beverly Mulai Berkurang

 

Selain itu terkait sekolah para anak setelah dipindahkan ke KSB yang sudah ada, Rudi akan menjamin seluruh anak-anak tersebut diperbolehkan untuk pindah. Rencananya lokasi KSB terletak di kawasan Punggur.

“Kalau soal sekolah, ini tak usah khawatir, ini tanggung jawab saya nanti kami pindahkan, kalau nanti pindah kaveling ke punggur, sekolah sini nanti saya pindahkan sekolahnya ke punggur, saya akan jamin, termasuk SLTA, nanti saya sampaikan ke gubernur,” katanya.

Untuk surat pindah domisili, Rudi juga akan bertanggungjawab penuh terhadap para korban. 

Sebelum KSB tersebut ada, sementara ini para korban tetap akan menempati lokasi pengungsian saat ini di Gedung bersama Pemko Batam.

“Saat ini, biar mereka di sini dulu,” ucapnya.

(ret)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews