Begini Dampak Psikologis Korban Kebakaran di Batam

Begini Dampak Psikologis Korban Kebakaran di Batam

Korban kebakaran di ruli Beverly, Kampung Belian, Batam (14/7/2018) (Foto: Johanes Saragih/Batamnews)

Batam - Kebakaran terjadi rumah liar (ruli) Beverly, Kampung Belian, Batam, (14/7/2018). Tidak ada korban jiwa, namun korban harta ditaksir sekitar Rp 4 M.

Pemukiman itu dihuni sekitar 192 KK. Mereka kehilangan tempat tinggal, harta benda, dan dokumen-dokumen berharga.

Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun bisa menimbulkan dampak psikologis. Bencana yang terjadi bisa menimbulkan dampak kejiwaan bagi korban.

Stres

Musibah seperti kebakaran dapat penyebabkan stres. Hal ini bisa berujung pada gangguan emosional serta kejiwaan mereka dalam jangka panjang.


Emosi labil

Korban kebakaran di Batam bisa mengalami gangguan emosi. Mereka bisa mudah marah, syok, depresi, putus asa, cemas, gelisah.

Trauma

Setelah mengalami bencana, ingatan seseorang akan berulang dan akan terus mengingat kejadian tersebut. Ingatan ini dapat terjadi tanpa sebab.

Hal ini dapat memicu reaksi fisik, seperti detak jantung meningkat atau berkeringat. Mereka bahkan bisa mengalami kesulitan konsentrasi dan membuat keputusan.

Peristiwa saat melihat api berkobar dan melalap sesuatu yang dibakarnya serta kepanikan orang-orang. Mendengar suara gemuruh api, tangisan jeritan korban dan semacamnya.

(deb)

 


Berita Terkait