Delegasi Asia Afrika Deklarasikan Palestina Merdeka

Delegasi Asia Afrika Deklarasikan Palestina Merdeka

Menlu RI, Retno LP Marsudi. (foto: liputan6)

BATAMNEWS.CO.ID, Bandung - Rangkaian acara Konferensi Asia Afrika (KAA) hari ini, Senin (20/4/2015), para delegasi negara-negara sepakat membuat Deklarasi Palestina. Negara-negara Asia Afrika sepakat untuk mendukung kemerdekaan Palestina sepenuhnya.

Ada tiga dokumen yang diserahkan ke Pertemuan Tingkat Menteri dari hasil pembahasan Pertemuan Tingkat Dirjen kemarin. Dokumen tersebut antaran lain, Bandung Message, Deklarasi Penguatan Kemitraan Strategis Baru Asia dan Afrika (NAASP), dan Deklarasi Palestina. Demikian seperti dilansir Merdeka.

Dalam pembahasan tersebut, Bandung Message disebutkan sebagai dokumen visioner. Maksudnya adalah dalam dokumen tersebut berisi Dasa Sila Bandung yang dibuat dalam Konferensi Asia Afrika pada 1955.

Sementara dalam NAASP bertujuan mewujudkan visi itu dalam program yang konkret. Dalam tingkat menteri, dibahas bagaimana membawa kerja sama maju ke depan.

"Ada Bandung Principal, delegasi Asia Afrika juga setuju harus memperkuat solidaritas," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers di Balai Sidang Jakarta.

Selain itu, para delegasi menunjukkan dukungan yang kuat terhadap kemerdekaan Palestina, dan bekerja sama dalam membangun kapasitas.

"Dokumen ini sebelumnya sudah dibahas di New York dan sudah disepakati hingga 90 persen," terang Duta Besar Indonesia untuk PBB di New York, Desra Percaya.

Selanjutnya, pembahasan ini akan dilanjutkan dalam pertemuan pemimpin negara pada 23 April nanti.

(ind/bbs/merdeka)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews