e-Budgeting Kota Batam

Fraksi PKS Setuju Pemko Batam Terapkan e-Budgeting

Fraksi PKS Setuju Pemko Batam Terapkan e-Budgeting

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Fraksi PKS di DPRD Kota Batam mendorong penerapan teknologi e-Budgeting dalam pengelolaan keuangan daerah. Sistem ini dianggap lebih transparan dan akuntable.  

“Kami berhadap adanya perubahan paradigma dalam pengelolaan keuangan daerah karena hal ini sangat lah penting, agar pengelolaan dana masyarakat tersebut dapat dilakukan secara lebih transparan, ekonomis, efisien, efektif dan akuntabel,” kata Mukriadi, juru bicara PKS dalam rapat paripurna DPRD Batam beberapa hari lalu.

Dalam rapat tersebut, sejumlah fraksi memberikan pandangan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan nomor 7 tahun 2006 tentang pokok-pokok pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah secara keseluruhan menyatakan dilanjutkan ke tingkat pembentukan pansus.

Oleh karena itu, sangatlah diperlukan perencanaan pengelolaan keuangan daerah berbasis kinerja dan berbasis outcome bukan kepentingan golongan. Dan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan saat ini dan kemajuan teknologi.

“E-budgeting merupakan salah satu solusi pengelolaan keuangan daerah. E-budgeting merupakan sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk memfasilitasi proses penyusunan anggaran belanja daerah,” tambahnya seperti dikutip dari media centre.

Melalui e-budgeting, pemerintah dapat melakukan pengendalian anggaran dengan lebih baik karena proses penyusunan dilakukan secara lebih transparan, tepat waktu.

Anggaran dapat dialokasikan sesuai dengan kebutuhan dalam program kerja, kronologis anggaran dapat ditelusuri dengan jelas dan pembuatan laporan seputar realisasi anggaran dapat dibuat dengan lebih mudah.

“Kami merekomendasikan agar E-budgeting masuk dalam pembahasan ranperda ini sebagai salah satu kebutuhan untuk menjawab permasalahan selama ini,” katanya.

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews