BBM Jenis Baru, Pertalite Dibanderol Rp 8.000-8.300 Per Liter

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta  - Pemerintah dan PT Pertamina akan mengurangi tingkat konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium, khususnya di kota besar di Indonesia. Premium hanya boleh digunakan untuk angkutan umum.
 
Kebijakan ini diterapkan untuk mengalihkan secara perlahan kebutuhan konsumsi BBM masyarakat dari Premium ke jenis BBM baru bernama Pertalite.

Mulai Mei 2015, Pertamina akan menghadirkan Pertalite sebagai pengganti premium (BBM beroktan rendah). Kualitas BBM jenis baru ini diklaim berada di atas Premium.

Seperti dilansir dari Merdeka.com, Pertalite akan berkadar oktan RON 90. Di atas Premium yang berkadar oktan RON 88 namun di bawah Pertamax yang beroktan 92. Lalu, berapa harga BBM pengganti tersebut?

"Kita akan di medium range antara Pertamax ke Premium sehingga perbedaan tidak terlalu jauh, antara Rp 8.000-Rp 8.300 per liter," ujar Vice President Fuel Marketing Pertamina Muhammad Iskandar, saat diskusi mingguan di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta, Minggu (19/4).

Upaya menekan konsumsi Premium dilakukan juga untuk menekan impor minyak yang selama ini cukup tinggi. Hanya 30 persen produksi Premium yang dihasilkan dari kilang dalam negeri. Sisanya, 70 persen berasal dari impor.

SHARE US :