Ternyata Ini Penyebab Terjadinya Kentut Pada Tubuh Kita

Ternyata Ini Penyebab Terjadinya Kentut Pada Tubuh Kita

Ilustrasi seorang menahan nafas (Foto: Istimewa)

Batam - Apakah kamu sering buang angin atau kentut secara berlebihan. Menurut para peneliti, kentut adalah 'sehat' kerena menandakan gerakan peristik usus hingga anus berjalan normal.

Namun jika kentut terjadi secara berlebihan apalagi sampai mengeluarkan bau tak sedap, tentu begitu membuat malu dan tak nyaman. Terlebih disaat berada ditempat keramaian.

Kentut juga tidak hanya bagus untuk kesehatan. Dengan buang angin secara berlebihan juga adanya tanda penyakit dalam tubuh.

Ada beberapa penyebab terjadinya kentut yang dialami oleh seseorang.

1.Makanan

Makanan merupakan penyebab utama yang bisa menyebabkan seringnya buang angin alias kentut. Ada beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi pembentukan gas di saluran cerna, diantaranya kacang-kacangan, kubus, dan brokoli.

2.Terlalu banyak udara

Banyak udara yang masuk juga bisa membuat kamu sering kentut. Hal ini terjadi biasanya saat kamu makan atau minum. Tetapi kamu tak perlu cemas, karena kentut yang disebabkan hal ini tidak menimbulkan bau menyengat.

3.Sistem pencernaan sulit mencerna nutrisi

Gula dari karbohidrat adalah salah satu jenis makanan yang bisa membuat tubuh sulit mencerna nutrisi. Untuk itu, kurangilah konsumsi gula dari karbohidrat.

4.Naik pesawat terbang

Hal ini mungkin sedikit mengejutkan kamu. Naik pesawat rupanya juga bisa menjadi pemicu kentut. Hal ini terjadi karena saat berada di ketinggian, tubuh dengan sendirinya memproduksi gas lebih banyak dan hal ini membuat perut kembung yang berujung jadi kentut.

5.Penyakit serius

Apabila kentut terjadi secara berlebihan dan sampai membuat perut terasa kembung diikuti dengan sakit atau gejala lain seperti diare atau sembelit, maka kamu harus segera membawanya ke dokter. Ini bisa menjadi pertanda gejala IBS.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews