5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Ponsel Cepat Panas

5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Ponsel Cepat Panas

BATAMNEWS.CO.ID, - Ponsel mengalami overheat atau panas berlebih bukan hanya menjengkelkan. Kondisi seperti ini juga berbahaya.

Ketika ponsel panas berlebih, dapat berakibat lambatnya aplikasi. Baterai juga cepat habis.

Bukan itu saja, ponsel cepat panas juga dapat berisiko meledak. Jika ponsel mengalami panas berlebih, lakukan hal-hal berikut ini.

1. Copot aplikasi tak terpakai

Aplikasi yang terlalu banyak dipasang bisa membuat ponsel cepat panas. Walaupun saat ini banyak ponsel didukung dengan komponen hardware penunjang multitasking, seperti RAM yang tinggi, tetap saja pembiaran ini akan berakibat fatal pada ponsel.

Bila hal ini terus dilakukan, tentu potensi ponsel overheat akan sangat besar. Selain cepat panas, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak menyebabkan ponsel sering hang.

2. Gunakan Baterai Original

Saat ini, penggunaan baterai tanam sudah menjadi tren produksi ponsel. Namun saat baterai sudah mulai berada pada kondisi drop, kita dapat menggantinya dengan yang baru.

Saat baterai ponsel rusak, sebaiknya ganti dengan baterai original yang memiliki kualitas lebih baik dan sudah terjamin ketahanannya, walaupun harganya cukup mahal.

Biasanya baterai dengan harga murah berkualitas buruk tidak bertahan lama, sering panas dan cepat rusak.

3. Lepas Cover Pelindung

Sebaiknya jangan menutupi ponsel dengan cover pelindung yang terlalu tebal. Penggunaan cover yang tebal memang cukup bagus untuk melindungi ponsel dari goresan.

Namun, cover yang tebal tersebut dapat menutup udara masuk sehingga ponsel menjadi cepat panas.

4. Biarkan Lubang Charger terbuka

Beberapa ponsel sudah menggunakan sertifikasi tahan air, dan memiliki penutup lubang charger. Sebaiknya port charger pada ponsel tidak dalam keadaan tertutup.

Hal ini dilakukan agar ponsel tidak mengalami panas yang berlebih atau overheating karena kurangnya udara masuk ke dalam ponsel.

5. Matikan Ponsel

Ini merupakan senjata pamungkas bagi ponsel yang mengalami overheat. Mematikan ponsel jelas akan menghentikan seluruh proses yang terjadi saat ponsel menyala.

 Hal tersebut akan dengan cepat menurunkan temperatur ponsel. Terlebih, mematikan ponsel dapat 'mengembalikan' kecepatan proses aplikasi seperti semula.

(deb)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews