https://www.batamnews.co.id

Bosan Tidur di Sel, Napi di Tanjungpinang Kabur dan Check-in di Hotel

Ali Muhajidi usai ditangkap petugas rutan. Pria yang tengah menjalani masa asimilasi sebagai Napi di Rutan Tanjungpinang ini mencoba kabur, Minggu (17/8/2018). (Foto: Afriadi/batamnews)

BATAMNEWS,Tanjungpinang - Napi Rutan Tanjungpinang yang kabur akhirnya tertangkap. Ali Mujihadi terlacak sedang sembunyi di rumah temannya yang juga mantan napi, Minggu (17/6/2018).

Petugas Rutan yang melakukan pencarian mengendus keberadaan Ali, usai pria ini Check-in di hotel bersama seorang wanita.

Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Rony Widiyatmoko menjelaskan, bahwa Ali melarikan setelah semua warga binaan dikembalikan ke dalam sel dan dilakukan pengecekan.

Ali tidak ada saat itu, petugas rutan langsung melakukan pencarian.

Ia merupakan warga binaan rutan yang sedang menjalani asimilasi. Ada dugaan ia memilih kabur setelah keasyikan check-in.

"Setelah kita interogasi salah satu petugas penginapan, diketahui bahwa yang bersangkutan check-in bersama istrinya. Mungkin, karena keasyikan, dia takut untuk pulang dan kabur," katanya.

Setelah mendapat informasi, petugas pun melacak Ali ke sejumlah teman dekatnya. Informasi keberadaan Ali pun diketahui melalui seorang mantan napi.

"Dia sempat chat ke temannya untuk minta jemput dan minta uang," ujar Rony.

Pelarian Ali pun terhenti saat petugas menangkapnya di rumah temannya itu sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut Rony, Ali yang merupakan terpidana kasus pencurian dengan pemberatan. Ia divonis hukuman selama 1 tahun enam bulan. 

Ali sudah menjalani hukuman selama sepuluh bulan dan sedang menjalani proses asimilasi.

Setelah kabur dan tertangkap, lanjut Rony, sebagai sanksinya, Ali akan dimasukan dalam sel pengasingan dan masuk dalam register F.

(adi)