Brasil Ditahan Imbang Swiss

Brasil Ditahan Imbang Swiss

Rusia - Timnas Brasil harus rela berbagi poin dengan Swiss setelah ditahan imbang 1-1. Brasil kesulitan menembus pertahanan Swiss yang ketat saat berlaga di Rostov Arena, Rostov-on-Don, Senin (18/6/2018) dini hari WIB. 

Brasil sempat unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol indah Philippe Coutinho.

Tapi Swiss bisa membalas di awal babak kedua. Tandukan Steven Zuber di menit ke-50 mengubah skor menjadi 1-1, yang tidak bisa dibalas Brasil hingga laga tuntas.

Hasil ini membuat Brasil harus puas meraih satu poin di laga perdana Grup E, yang dikuasai Serbia berkat kemenangan 1-0 atas Kosta Rika sebelumnya. Selanjutnya Brasil akan menghadapi Kosta Rika di Krestovsky Stadium, Saint-Petersburg, Jumat (22/6), sementara Swiss menghadapi Serbia di Kaliningrad Stadium.

Sengit

Laga berjalan sengit di menit-menit awal. Brasil yang berupaya memenangkan laga, langsung menekan. Pada menit ke-11, peluang pertama didapat Brasil lewat Paulinho. Menerima umpan mendatar dari Neymar di kotak penalti, sepakannya cuma melintas di mulut gawang Swiss karena sedikit mengenai kiper Yann Sommer.

Terus menekan, upaya Brasil baru membuahkan hasil di menit ke-20. Coutinho melepaskan tendangan indah terukur dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke tiang jauh, yang gagal dibendung kiper Swiss. Brasil memimpin 1-0 yang bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, laga berjalan lebih ketat. Swiss tampil lebih disiplin dan cukup merepotkan Brasil. Pada menit ke-50, Swiss akhirnya bisa menyamakan kedudukan.

Steven Zuber menanduk bola corner yang dilepaskan Xherdan Shaqiri masuk ke gawang Brasil. Pemain Brasil sempat protes lantaran Zuber terlihat mendorong bek Miranda dari belakang sebelum melompat, tapi wasit Cesar Ramos tetap pada keputusannya mengesahkan gol. Skor berubah 1-1.

Brasil tersentak dengan gol itu. Beberapa kali peluang diciptakan, di antaranya lewat Neymar di menit ke-58. Pesepakbola termahal dunia itu melepaskan tendangan jarak dekat ke gawang Swiss, namun masih bisa diblok. Upayanya cuma membuahkan tendangan sudut.

Pada menit ke-69, peluang didapat Coutinho. Menerima umpan terukur Neymar di kotak penalti, ia mengecoh satu bek Swiss dan melepaskan tendangan jarak dekat ke gawang. Namun arahnya justru melenceng.

Tiga menit berselang, Swiss gantian mengancam lewat serangan balik cepat. Shaqiri yang menguasai bola di sisi kanan, mengumpan ke tengah yang bisa diterima dan disepak Blerim Dzemaili, namun bola masih bisa ditangkap Alisson.

Semenit berselang, Brasil gantian menekan lini belakang Swiss. Gabriel Jesus yang menerima bola di kotak penalti, terjatuh saat dijaga. Ia protes meminta penalti, tapi kembali wasit bergeming.

Tekanan Brasil belum reda. Di menit ke-77, Neymar melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang mengarahkan bola ke pojok bawah gawang Swiss. Kiper Sommer bisa menangkapnya dengan baik, Brasil masih kesulitan.

Di menit ke-79, Brasil memasukkan Roberto Firmino menggantikan Gabriel Jesus. Masuknya striker Liverpool itu cukup menambah daya gedor, namun gol kedua belum bisa mereka dapatkan.

Pada menit ke-87, Neymar nyaris membobol gawang Swiss. Memanfaatkan crossing Willian, ia menyosong bola dengan sundulan namun bola tepat mengarah ke pelukan Sommer.

Hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada gol tambahan tercipta di laga ini. Brasil ditahan Swiss 1-1 di Rostov Arena.

Susunan Pemain

Brasil: Alisson Becker, Danilo, Thiago Silva, Miranda, Marcelo, Paulinho (Renato Augusto 67'), Casemiro (Fernandinho 60'), Philippe Coutinho, Willian, Neymar, Gabriel Jesus (Roberto Firmino 79')

 

Swiss: Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Fabian Schaer, Stephan Lichtsteiner (Michael Lang 87') Granit Xhaka, Valon Behrami (Denis Zakaria 71'), Steven Zuber, Blrerim Demaili, Xhredan Shaqiri, Haris Seferovic (Embolo 80')

(snw)

VIDEO DARI BATAMNEWS :




Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews