PT Hantong Kabur, PT SIIX Electronics Siap Bayar Gaji Karyawan Rp 400 Juta

PT Hantong Kabur, PT SIIX Electronics Siap Bayar Gaji Karyawan Rp 400 Juta

PT Hantong di Citra Buana Park Seraya Batu Ampar (Foto: Johannes/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Gaji karyawan PT Hantong Precision Manufacturing Batu Ampar, Batam akan dibayarkan dengan total Rp 400 juta. Gaji tersebut akan dibayar oleh PT Siix Electronics Indonesia yang mempunyai proyek di Hantong. 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam Rudi Sakyakirti mengatakan, bahwa sementara ini gaji karyawan saja yang dapat terbayarkan. Diketahui jumlah karyawan di PT Hantong sebanyak 94 orang. 

"Kalau uang yang Rp 400 juta dapat membayar gaji karyawan, uang itu masih hanya mencukupi gaji bulan Juni saja, kalau untuk THR, saya kurang tahu, kalau dihitung-hitung dibutuhkan Rp 600 juta untuk bayar gaji dan THR karyawan," ujar Rudi, Kamis (8/6/2018). 

Rudi menjelaskan PT Hantong mengerjakan proyek untuk 3 Perusahaan yang ada di Batam.

Diantaranya, PT Siix Electronics, PT Epson dan PT TEC yang ada di Muka kuning, Batam. Namun baru PT Siix Electronics yang sudah membayarkan sejumlah uang. 

"Dua perusahaan lagi belum tahu kapan akan membayar, masing-masing perusahaan memiliki aturan, tadi Disnaker sudah rapat dengan 3 perusahaan itu bersama BKPM, Senin depan akan rapat lagi," katanya. 

Dari hasil rapat tersebut, belum dapat diputuskan apakah kekurangan sejumlah uang untuk bayar gaji dan THR dibayarkan oleh PT Epson dan PT TEC. 

Terkait alasan pemilik PT Hantong yang diam-diam kabur. Rudi belum mengetahuinya. Karena sampai saat ini, pihak manajemen perusahaan tidak dapat dihubungi. 

"Uang mereka sudah diambil, kami juga tidak tahu, tidak bisa diapa-apakan lagi, kami sekarang ini fokus dulu dengan nasib karyawan," jelasnya. 

(ret)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews