Ini Kronologis Terbakarnya Kapal Roro KMP Paray di Lingga

Ini Kronologis Terbakarnya Kapal Roro KMP Paray di Lingga

Kapal Roro KMP Paray terbakar di Pelabuhan Jagoh (Foto:Ist/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kepolisian Resor (Polres) Lingga telah menyimpulkan kronogis terbakarnya kapal penyeberangan Roll On Roll Off (Roro) KMP Paray rute Penarik-Jagoh, Rabu (30/5/2018) sekira pukul 18.05 WIB kemarin.

Awalnya sekitar pukul 15.30 WIB, KMP Paray bertolak dari pelabuhan ASDP Penarik berlayar menuju pelabuhan ASDP Jagoh dengan membawa 50 penumpang, 2 kendaraan roda empat (R4) dan 18 kendaraan roda dua (R2).

Kemudian, pukul 17.00 WIB, KMP Paray tiba dan sandar di Pelabuhan ASDP Jagoh selanjutnya dilakukan proses bongkar muat penumpang dan barang. Tidak terjadi apa-apa setelah kapal tersebut sampai.

"Jadi, pada pukul 17.45 WIB, KMP Paray bergeser dari Pelabuhan ASDP Jagoh menuju Pelabuhan Ferry Jagoh untuk sandar pada posisi lambung kanan, kemudian dilakukan pekerjaan penurunan dinamo motor lampu yang mengalami kerusakan untuk dilakukan perbaikan. Saat itu posisi ABK berada di ruang geledek utama," ujar Kasat Reskrim Polres Lingga, AKP Suharnoko kepada Batamnews.co.id, Kamis (31/5/2018).

Kemudian lanjut dia, sekitar pukul 18.05 WIB, salah seorang ABK dengan nama Dodi melihat adanya kobaran api dari plafon ruang penumpang bagian atas. 

"Setelah melihat api itu, ABK langsung bergerak cepat untuk melakukan pemadaman. Beruntung tidak berselang lama api bisa dipadamkan dengan bantuan satu unit mobil damkar," ucapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, tapi plafon ruang penumpang bagian atas, ruang mushala, tenda ruang penumpang bagian atas serta lemari life jacket hangus terbakar api.

Sementara untuk peralatan navigasi dan mesin kapal tidak ada masalah. Namun, untuk penyebab pasti kebakaran tersebut, Polres Lingga masih melakukan pemeriksaan.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews