Pembiayaan Bank Syariah Melambat, Ini Kata OJK

Pembiayaan Bank Syariah Melambat, Ini Kata OJK

Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri, M. Ridwan. (Foto: Yogi Sahputra/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Bank Indonesia Kepri merilis kinerja perbankan triwulan I 2018, dimana kredit bank umum meningkat namun pembiayaan perbankan Syariah menurun.

Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri, M Ridwan mengatakan, keadaan tersebut hal biasa karena beberapa waktu belakangan ini perbankan syariah dalam fase proses pembayaran.

"Misalnya saya debitur saat ini punya uang dan sekarang lagi gencarnya pembayaran," ujarnya di Batam Center, Rabu (30/5/2018).

Namun secara keseluruhan perbankan syariah tetap melakukan pembiayaan. "Itu hal biasa," ucap Iwan.

Yang menjadi tantangan perbankan menurutnya adalah adanya nasabah yang tidak mau membayar. "Sebenarnya yang sulit disana," paparnya.

Dalam laporan BI tersebut penyaluran kredit bank umum pada triwulan I-2018 tercata tumbuh 8.85 % (yoy), meningkat dari triwulan IV-2017 yang hanya mencatat pertumbuhan sebesar 6.15 (yoy).

Meskipun kinerja BPR menurut indikator DPK dan Kredit tercatat tumbuh menguat sementara kinerja pembiayaan syariah mengalami perlambatan pada triwulan I-2018.

Tercatat mengalami perlambatan, tercermin dari penurunan pembiayaan syariah Kepri yang terkontraksi sebesar 6,40%, menurun dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 4,53% (yoy)

Tidak hanya berdampak dengan pembiayaan. Sejalan dengan perlambatan pembiayaan, aset perbankan syariah pada triwulan I-2018 juga tumbuh melambat menjadi 8,31% (yoy).

(tan)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews