Lanal Dabo Singkep Tangkap Pompong Bermuatan Timah

Lanal Dabo Singkep Tangkap Pompong Bermuatan Timah

Nahkoda LU dan seorang yang bertugas mencari dan pengecekan bijih timah YA tidak bisa berkutik saat ditangkap dan di kawal menuju Posmat TNI AL Dabo. (foto;ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep menangkap kapal kayu (pompong) yang mengangkut biji timah diperairan Sedamai, Kecamatan Singkep, Lingga, Rabu (16/5/2018) malam.

Kapal bermesin Dompeng 33 PK dari Provinsi Bangka itu ditangkap tepatnya pada posisi 0° 21.953' S -104° 39.514' E.

Timah itu akan dibawa dari Dabo Singkep menuju Provinsi Bangka. Saat ini pompong tersebut dikawal menuju Posmat TNI AL Dabo dan dilakukan penahanan terhadap ABK di Mako Lanal Dabo Singkep.

"Penangkapan itu berawal dari informasi tentang adanya kegiatan loading bijih timah dari darat ke kapal pompong nelayan di perairan Sedamai. Kemudian ditindaklanjuti ke Patkamla Dabo Singkep yang sedang melaksanakan Patroli di sepanjang perairan Kote-Tanjung Kruing," kata Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto ketika dihubungi Batamnews.co.id, Senin (21/5/2018).

Lanjut dia, saat kapal pompong nelayan pengangkut bijih timah tersebut meninggalkan pantai Sedamai, Patkamla Dabo Singkep telah melaksanakan penyegatan dan penghentian di laut.

"Kapal ini terbukti mengangkut 20 Karung bijih timah. Nahkoda LU dan seorang yang bertugas mencari dan pengecekan bijih timah YA tidak bisa berkutik saat ditangkap dan di kawal menuju Posmat TNI AL Dabo," ujarnya.

Sementara itu, menurut keterangan kedua tersangka, bijih timah tersebut dibeli dari penyedia barang bernama A dari desa Lanjut.

"Saat ini para pelaku dan barang bukti sedang dilaksanakan penahanan di Mako Lanal Dabo Singkep untuk proses hukum lebih lanjut," katanya.

(ruz)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews