Kapal Sembako yang Hilang Akhirnya Ditemukan

Kapal Sembako yang Hilang Akhirnya Ditemukan

Satu unit kapal bermuatan sembako KM AZ Zahra GT 6 yang hilang kontak di perairan Lingga sejak Kamis (17/5/2018) pagi, akhirnya ditemukan, Jumat (18/5/2018).

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Satu unit kapal bermuatan sembako KM AZ Zahra GT 6 yang hilang kontak di perairan Lingga sejak Kamis (17/5/2018) pagi, akhirnya ditemukan, Jumat (18/5/2018).

Pencarian dilakukan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I A Tanjungpinang, dengan menurunkan KN SAR Bisma 239.

"KM AZ Zarrah telah ditemukan. Person On Board (POB) sebanyak 4 orang dalam keadaan selamat dan pada pukul 03.47 WIB, KN SAR Bhisma dan KM AZ Zahra telah tiba di dermaga Penuba dan selanjutnya akan diserahkan ke pihak keluarga," ujar Kepala BNPP Kelas I A Tanjungpinang, Budi Cahyadi ketika dihubungi Batamnews.co.id, Jumat (18/5/2018).

Sementara itu, Kapten KN SAR Bisma 239, Rahmad Surbakti mengatakan, KM Az Zahra yang hilang kontak, berhasil ditemukan, Kamis (17/5/2018) sekitar pukul 22.15 WIB dengan titik koordinat 00 04 40 N - 104 17.27 E.

"Kami menemukannya diseputaran Pulau Pandan, Kabupaten Lingga dengan 4 orang crew lengkap dan selamat beserta kapal KM Az Zahra, yang berangkat dari Tanjung Jabung, Jambi tujuan Dabo," ujarnya.

Dia menjelaskan, setelah berhasil ditemukan, KM Az Zahra langsung ditarik menggunakan KN SAR Bisma untuk dibawa menuju Pulau Penuba.

"Alhamdulillah kami sudah tiba pukul 03.47 WIB tadi di Pelabuhan Penuba dan langsung kami serahkan ke keluarga korban," katanya.

Diketahui, sebelumnya bukan hanya BNPP melalui KN SAR Bisma yang melakukan pencarian, tapi Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep juga menggerakkan Posal Pulau Mas dengan Patkamla Kuala Gaung untuk melaksanakan pencarian.

"Kami juga menggerakkan Posal Cempa dengan Patkamla Cempa untuk melaksanakan pencarian di perairan Batu Berlubang, Pulau Buaya sampai Selat Lima guna memberikan pertolongan," ujar Komandan Lanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr.Hanla, ketika dihubungi Batamnews.co.id, Kamis (17/5/2018) malam.

Diketahui, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

(ruz)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews