Rutan Tanjungpinang Siapkan 7 Pistol Berpeluru Serbuk Merica

Rutan Tanjungpinang Siapkan 7 Pistol Berpeluru Serbuk Merica

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas I Tanjungpinang dapat penambahan 7 unit senjata JPX Jet Protector dari Direktorat Jenderal Permasyarakatan RI, Sabtu (12/5/2018).

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas I Tanjungpinang dapat penambahan 7 unit senjata JPX Jet Protector dari Direktorat Jenderal Permasyarakatan RI, Sabtu (12/5/2018).

Kepala Seksi Keamanan Rutan Tanjungpinang, Fajar mengatakan, Senjata Protector ini digunakan apabila terjadi darurat keamanan, dan senjata itu pun sifatnya hanya melumpuhkan.

"Senjata ini tidak mematikan," katanya.

Baca juga:

Mau Mancing Weekend Ini? Berikut Rekomendasi Lokasinya

 

Fajar melanjutkan, saat ini senjata melumpuhkan itu di pakai oleh Komandan Keamanan dan petugas Pos Penjagaan. Katanya, jarak tempuh senjata itu maksimal hanya 7 meter dari musuh.

Ia menjelaskan, senjata JPX Jet Protector bentuknya seperti pistol biasa, tapi pelurunya serbuk marica. Berefek pada mata.

"Efeknya mata perih, muntah-muntah, dan durasi efeknya sampai 3 jam," jelasnya.

Sebelumnya, senjata keamanan di Rutan hanya beberapa unit pistol P3, kata Fajar, Rutan Tanjungpinang masih membutuhkan senjata api, karena melihat jumlah tahanan di Rutan banyak, dan kwatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saat ini masih aman, hubungan kita dengan napi juga baik," ujarnya.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews