Ini Dua Wisata Unggulan yang Dikunjungi di Lingga

Ini Dua Wisata Unggulan yang Dikunjungi di Lingga

Tanjung Buton dilihat dari atas Benteng Pulau Mepar (Foto: Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kabupaten Lingga merupakan wilayah kepulauan. Jika berkunjung ke Lingga, ada dua kawasan wisata unggulan yang wajib dikunjungi.

Yang pertama adalah Pulau Benan dan kedua adalah Pulau Mepar.

"Pulau Benan sebagai kawasan wisata bahari serta Pulau Mepar sebagai kawasan wisata sejarah dan budaya," ujar Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Jasa Pariwisata, Zalmidri kepada Batamnews.co.id, Jumat (11/5/2018).

Pulau Benan berada di Kecamatan Senayang. Di pulau ini setiap pengunjung bisa melakukan aktivitas snorkling, diving, melihat karang dengan kapal kaca, serta track bersepeda mengelilingi Pulau Benan.

Baca juga:

Xiomi Redmi 5A Smartphone Terlaris Tahun 2018

 

Sejauh ini, selain wisatawan lokal dari Kepulauan Riau, yang berkunjung ke Pulau Benan lebih didominasi wisatawan asal Singapore. Namun ada juga yang berasal dari Malaysia serta negara-negara di Benua Eropa.

Sedangkan Pulau Mepar yang terletak di ujung Pelabuhan Tanjung Buton, Kecamatan Lingga. Di Desa Mepar, khusus untuk wisata sejarah dan budaya yang di koneksikan dengan kuliner melayu di Tanjung Buton.

Di Pulau Mepar, wisatawan asing yang berkunjung didominasi asal negara Malaysia karena ada kaitan emosional sejarah kerajaan Lingga, Johor dan Pahang. Tapi, ada juga wisatawan asal melayu Singapore.

"Untuk fasilitas pariwisata serta pelayanan kepada wisatawan, mereka (wisatawan) cukup puas. Namun keluhan pasti ada, baik dari tamu maupun dari travel yang menjual paket tour, terutama ke Pulau Benan. Masalah tranportasi kapal menuju ke Benan, itu karena biaya transportasi reguler yang masih tinggi," ucapnya.

Kedua daerah tersebut merupakan kawasan pariwista unggulan Kabupaten Lingga, dirinya berharap menjadi prioritas dalam pengembangan sektor pariwisata. Terlebih lagi, di tahun 2018 ini kunjungan wisatawan ke Kepri di targetkan harus mencapai tingkat kunjungan sebanyak 3 juta orang.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews