Bupati Pohuwoto Promosi Wisata Bawah Laut Melalui FP3C

Bupati Pohuwoto Promosi Wisata Bawah Laut Melalui FP3C

Perhelatan FP3C 2018 dibuka. Event ini digelar 2-6 Mei 2018 di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo (foto: suarakarya.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Gorontalo - Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga siap menyambut wisatawan dalam Perhelatan Festival Pesona Pantai Pohon Cinta (FP3C) 2018.

"Kami siap menyambut wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara di destinasi kami yang kelas dunia ini,"katanya.

Perhelatan FP3C 2018 akhirnya resmi dibuka. Event ini digelar 2-6 Mei 2018 di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Acara pembukaan digelar di Lapangan Pohon Cinta, Kamis, 3 Mei 2018.

Dalam sambutannya Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga menegaskan bahwa pihaknya sangat optimis bahwa wisata alam bawah laut yang ada di wilayahnya sudah kelas dunia.

"Setelah saya mengexplore hampir satu tahun alam bawah laut yang ada di Pohuwato, ada puluhan spot alam bawah laut kami yang sangat berpotensi. Dan kami sangat percaya bahwa ini akan menjadi unggulan pariwisata di Pohuwato dan bisa disandingkan dengan spot-spot di Bunaken maupun Raja Ampat. Ini karunia Tuhan untuk pariwisata Gorontalo,"ujar Bupati yang disambut dengan tepuk tangan meriah yang hadir di acara pembukaan festival tersebut.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, alam bawah laut atau under water yang ada di wilayahnya akan dijadikan ikon dan terus dipromosikan dengan berkolaborasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata.

"Bapak Gubernur juga sudah sangat setuju bahwa kita akan promosikan ke luar negri, dan golnya adalah pemasukan devisa untuk negara kita yang akan membuat masyarakat kita semakin sejahtera,"jelas Bupati yang juga hobi diving itu.

Dalam acara pembukaan hadir juga Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Asisten Deputi Pemasaran Area I Regional III Muhammad Ricky Fauziyani Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Dalam sambutannya, Ricky mengaku Kemenpar siap mendukung promosi destinasi alam bawah laut yang ada di Pohuwato untuk diviralkan dan dipromosikan dimancanegara.

"Terutama daerah harus segera menggenjot promosi alam bawah laut dengan kekuatan digital, siapkan semua sumber daya manusia yang terus bisa berpromosi di sosial media. Kemenpar juga siap mengakomodir gambar, video yang berkualitas tinggi untuk dipromosikan ke mancanegara. Karena dengan kekuatan Pentahelix yakni akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media yang akan mengangkat pariwisata Indonesia," ujar Ricky.

Gubernur Gorontalo mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar yang mendukung acara kabupatennya. Kata dia, Gorontalo serta kabupaten dan kota yang ada di provinsinya sudah dipastikan bahwa pariwisata akan menjadi leading sector untuk mengangkat perekonomian rakyatnya.

"Semoga Pohuwato semakin terkenal di mata dunia, selamat ulang tahun Pahuwato," kata Gubernur.

FP3C ini merupakan event tahunan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pohuwato. Eventnya dijamin paten. Wisatawan akan dibawa mengeksplor pesona wisata bahari, atraksi seni dan budaya, serta kuliner.

Event ini digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pohuwato yang ke-15. Segudang keseruan telah disiapkan untuk meramaikan event ini. Ada Pameran Pembangunan, Funswimming, dan Atraksi Kuliner.

Begitu juga dengan atraksi seni dan budaya tak luput disuguhkan. Ada pagelaran tari-tarian daerah, drama serta komedi. Untuk melengkapinya, ada Pemilihan Nou dan Uti Kabupaten Pohuwato 2018.

 

Lomba Fotografi Pohuwato

Buat yang suka fotografi, ada Lomba Fotografi dengan tema Objek Wisata Unggulan Pohuwato. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengucapkan selamat kepada Gorontalo dan Pahuwato yang secara resmi telah membuka atraksi di wilayahnya.

Kata Menpar, Pahuwato sudah tepat memilih alam bawah laut sebagai unggulan. Selain karena  Indonesia merupakan negara bahari, tanah air juga memiliki lebih dari 700 spot diving dan snorkeling.

Yang sudah punya pamor untuk menyelam. Semuanya sulit diuraikan dengan kata-kata. Sederhananya: Wonderful! Penuh Pesona.

Bukan itu saja, Indonesia juga memiliki 20 titik penyelaman di Bunaken - Sulawesi, Taman Nasional Wakatobi, 88 titik penyelaman di Selat Lembeh - Sulawesi Utara serta tiga spot diving di Pulau Weh - Aceh.

Sejumlah titik penyelaman yang tersebar di Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Pulau Rinci -NTT, 50 titik menyelam laut Alor, 28 titik penyelaman di Derawan, spot diving di Teluk Cenderawasih dan Raja Ampat, juga sangat-sangat indah.

Menteri asli Banyuwangi itu juga menambahkan bahwa lokasi perairan Indonesia yang merupakan pusat dari Corral Triangle, hingga fauna-fauna yang unik dan langka, semua ada di Indonesia.

"Indonesia merupakan pilihan yang tepat untuk tujuan wisata diving. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau serta merupakan pusat dari corral reef triangle yang memiliki berbagai lokasi diving berpanorama indah dan unik, jadi sudah sangat tepat Pahuwato mengusung alam bawah laut," kata Menpar.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews